header

DUKUNGAN KESEHATAN BAGIAN DARI KELANCARAN PENYELENGGARAAN KTT G-20 INDONESIA

DUKUNGAN KESEHATAN BAGIAN DARI KELANCARAN PENYELENGGARAAN KTT G-20 INDONESIA

DUKUNGAN KESEHATAN BAGIAN DARI KELANCARAN PENYELENGGARAAN KTT G-20 INDONESIA

Badung – Konferensi Tingkat Tinggi para pemimpin negara, puncak Presidensi G20 telah terlewati. Menghasilkan apa yang disebut G20 Bali Leader's Declaration. Para pemimpin negara G20 menyepakati berbagai aspek ekonomi, geopolitik, ketahanan kesehatan pasca pandemi, transformasi digital, dan transisi energi. Presidensi G20 Indonesia disebut sebagai yang terbesar dan termegah sepanjang sejarah, kepemimpinan Indonesia dinilai mampu menghasilkan berbagai solusi pemulihan dunia di tengah berbagai situasi geopolitik, krisis, dan perang yang terjadi. Keberhasilan itu menjadi kerja bersama semua pihak, tak terkecuali bidang kesehatan. BBTKLPP Surabaya, bangga menjadi bagian kecil keberhasilan tersebut. Mendukung Presidensi G20 dan KTT G20, BBTKLPP Surabaya menurunkan tim pada 11 – 18 November 2022. Tim melakukan dukungan kesehatan melalui surveilans faktor risiko lingkungan dan penyakit, termasuk keamanan pangan, pengendalian vektor, dan supervisi penerapan protokol kesehatan.

Tak kurang dari 20 petugas BBTKLPP Surabaya diterjunkan dalam mendukung KTT G20, baik saat persiapan maupun pada puncak acaranya. Tim pemeriksaan legionella dan vektor lebih dahulu bertugas pada 1 November 2022. Tim melakukan pemeriksaan keberadaan bakteri pada sistem saluran air dan kolam renang, serta pengendalian vektor pada hotel akomodasi para peserta. Tim memastikan hotel akomodasi telah melaksanakan pengendalian minimal mencegah kejadian penyakit Legionellosis dan vektor pembawa penyakit. Selain itu tim juga melakukan inspeksi sanitasi pada berbagai fasilitas hotel akomodasi.

Menyusul berikutnya tim penerapan protokol kesehatan. Sepuluh orang dari BBTKLPP Surabaya bersama tim Surveilans dan Karantina Kesehatan melakukan surveilans dan supervisi pemeriksaan COVID-19. Tim BBTKLPP Surabaya menurunkan dukungan swabber dan pelaporan pemeriksaan menggunakan aplikasi New All Records (NAR). Tim memastikan penerapan protokol kesehatan oleh para delegasi, organizing committees, karyawan hotel, wartawan, dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pada berbagai hotel venue Presidensi G20 di Kawasan Nusa Dua tersebut.

Tim lain yang terdiri dari petugas sanitarian dan food security melakukan pemeriksaan keamanan makanan, inspeksi kesehatan lingkungan, dan melakukan upaya kewaspadaan dini serta pencegahan kejadian penyakit. Inspeksi ini dilakukan pada Hotel Media Officer G20. Selain itu tim HSP melakukan pengecekan sanitasi dan Pemeriksaan Makanan di Kawasan GWK, Hutan Mangrove (Tahura) yang menjadi venue side event G20 para Kepala Negara.

BBTKLPP Surabaya tak sendiri. Dukungan kesehatan pada KTT G20 ini dilakukan bersama Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes RI, BBTKLPP Yogyakarta, KKP Kelas I Denpasar, Dinas Keseahatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Badung, Labkesda Provinsi Bali, dan Puskesmas Kuta Selatan.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com.

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 3.236.70.233

  • Online : 396

  • Hari ini : 10841

  • Kemarin : 2236

  • Bulan ini : 13077

  • Tahun ini : 26677

  • Total : 67265

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2023