header

PERIKSA KEAMANAN MAKANAN DAN HIGIENE SANITASI LINGKUNGAN, PASTIKAN HMM2 PRESIDENSI G20 BERLANGSUNG LANCAR

PERIKSA KEAMANAN MAKANAN DAN HIGIENE SANITASI LINGKUNGAN, PASTIKAN HMM2 PRESIDENSI G20 BERLANGSUNG LANCAR

PERIKSA KEAMANAN MAKANAN DAN HIGIENE SANITASI LINGKUNGAN, PASTIKAN HMM2 PRESIDENSI G20 BERLANGSUNG LANCAR

Badung – Menjadi bagian dari Perhelatan The 2nd Health Ministers Meeting (HMM2), rangkaian Presidensi G20 bidang Kesehatan, BBTKLPP Surabaya bergabung bersama tim kesehatan dari Kementerian maupun daerah memastikan penyelenggaraan berlangsung lancar tanpa gangguan penyakit berarti. Upaya pencegahan potensi kejadian luar biasa ini dilakukan melalui deteksi faktor risiko penyakit baik dari makanan, air bersih, alat makan, penjamah makanan, dan lingkungan sebelum dan saat puncak acara pada 27 – 28 Oktober 2022.

Surveilans faktor risiko lingkungan dan penyakit merupakan upaya gabungan antara BBTKLPP Surabaya bersama dengan petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali, dan Puskesmas Kuta Selatan. Petugas melakukan inspeksi sanitasi lingkungan di dapur persiapan makanan, pemeriksaan makanan siap saji, usap alat makan, dan usap tangan penjamah makanan. Pemeriksaan dilakukan di Intercontinental Bali Resort dan Arma Museum Resort, hotel akomodasi, serta pemeriksaan di jasa katering penyedia makanan selama penyelenggaraan. Pemeriksaan higiene sanitasi makanan dilakukan pada tiga kali makanan yang disediakan ditambah dengan jajanan saat coffee break.

Pada puncak acara, tim gabungan bersama BBPOM Denpasar melakukan kolaborasi untuk pemeriksaan makanan secara biologi dan kimia pada menu saat coffe break, makan siang, dan makan malam. Pemeriksaan dilakukan sebelum disajikan kepada para Menteri Kesehatan negara anggota G20, delegasi, dan undangan khusus untuk memastikan keamanannya. Sampai berita ini diturunkan, makanan yang diperiksa dalam kondisi aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Kontribusi pada Presidensi G20 di Indonesia telah dilakukan BBTKLPP Surabaya bekerja sama dengan institusi kesehatan pusat dan daerah. Pemeriksaan meliputi faktor kesehatan lingkungan, penyakit, dan vektor pada hotel akomodasi dan lokasi side event penyelenggaraan G20 mulai dari Health Working Group, Pertemuan Tingkat Menteri dan Deputi, maupun side event di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Kontribusi ini masih akan berlanjut pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Para Pemimpin Negara Anggota G20 di Bali pada pertengaha November mendatang.

Adapun The 2nd Health Ministers Meeting menjadi pertemuan yang menfinalisasi seluruh rangkaian pertemuan bidang kesehatan. Dikawal langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, beserta jajarannya, pertemuan membahas isu prioritas G20 bidang kesehatan. Output pertemuan mengharapkan adanya pengesahan dokumen penguatan arsitektur kesehatan global. Dokumen output ini diantaranya pada penguatan dukungan mekanisme Financial Intermediary Fund (FIF) dalam pencegahan dan kesiapan, serta respon potensi pandemic, surveilans genomik, penyelarasan standar protokol kesehatan global, serta perluasan riset dan manufaktur vaksin, obat-obatan, dan alat diagnostik, terutama di negara berkembang.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com.

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 34.231.21.105

  • Online : 362

  • Hari ini : 1280

  • Kemarin : 7132

  • Bulan ini : 29542

  • Tahun ini : 51124

  • Total : 51124

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2022