header

PENANDATANGAN NOTA KESEPAKATAN AKSELERASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT BERSAMA GUBERNUR JAWA TIMUR

PENANDATANGAN NOTA KESEPAKATAN AKSELERASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT BERSAMA GUBERNUR JAWA TIMUR

PENANDATANGAN NOTA KESEPAKATAN AKSELERASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT BERSAMA GUBERNUR JAWA TIMUR

Surabaya – Keberhasilan program kesehatan hanya dapat berhasil dengan adanya sinergi dan kolaborasi semua unsur masyarakat. Dengan semangat percepatan dan penguatan kolaborasi antar pemerintah pusat dan daerah, khususnya terkait pencegahan dan pengendalian penyakit, pada Kamis (27/10) diselenggarakan penandatangan nota kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kementerian Kesehatan. Penandatangan diselenggarakan di atas KRI Makassar -590 Koarmada II bersamaan dengan Launching Pendirian Lembaga Keuangan Mikro BUMDESMA, Penandatangan MoU dengan Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) RI dan Perjanjian Kerjasama dengan Panglima Komando Armada II. Kegiatan Launching dan Penandatangan Kerjasama turut dihadiri Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd, dan 150 undangan yang berasal dari Bupati, OJK, Armatim, Bakamla, BBTKLPP Surabaya, Dinas Pembangunan Desa Kabupaten di Jawa Timur, dan Lembaga Keuangan Mikro Bumdesma di Jawa Timur.

Nota Kesepakatan ditandatangani antara Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, yang diwakili oleh Sesditjen P2P, dr. Yudhi Pramono, MARS. Para pihak menyepakati sinergi sumber daya untuk akselerasi pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tidak menular, surveilans dan kekarantinaan kesehatan, pengelolaan imunisasi, dan penyehatan lingkungan. Kolaborasi selama tiga tahun ke depan meliputi fasilitasi bimbingan teknis, pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna pencegahan dan pengendalian penyakit, penyelenggaraan program/kegiatan P2P termasuk dalam penanggulangan KLB/wabah dan bencana, serta pengembangan kompetensi dan pemberdayaan masyarakat.

Gubernur Jawa Timur menyambut baik kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI. Gubernur menyoroti bermunculannya berbagai penyakit infeksi mulai dari pneumonia pada anak dan yang masih hangat gangguan ginjal akut. Pada kesempatan tersebut Gubernur mengajak para undangan yang terdiri dari Bupati dan Pemerintah Kabupaten/kota di Jawa Timur untuk mengatasi permasalahan penyakit, kesehatan lingkungan, dan penyehatan air dari lini paling bawah melalui kerjasama yang ada. “Bupati dan Walikota dapat meluaskan cakupan dan akses penyediaan air bersih dengan baik,” kata Gubernur Jawa Timur menyemangati.

Nota kesepakatan ini sendiri merupakan pengembangan dari Perjanjian Kerja Bersama yang sudah dimulai antara Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur dan BBTKLPP Surabaya pada Oktober tahun 2021 lalu. Kerjasama ini sudah dilaksanakan dalam bentuk bimbingan teknis pemanfaatan teknologi tepat guna penyehatan air berupa Portable Chlorinator yang telah dipasang di sedikitnya lima desa di lima kabupaten yang tergabung dalam program Belajar Inovasi di Desa (Belanova). Kepala DPMD Jawa Timur pada laporannya menyebutkan target kerjasama selanjutnya adalah melatih KPSPAM, kelompok pengelola sarana air minum pedesaan bagian dari Bumdesma untuk dapat memanfaatkan teknologi tepat guna peningkatan kualitas air. Saat ini kerjasama terus berjalan dengan menyasar desa-desa di 14 kabupaten yang masih memiliki masalah pada penyediaan air yang berkualitas.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com.

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 34.231.21.105

  • Online : 203

  • Hari ini : 1167

  • Kemarin : 7228

  • Bulan ini : 29528

  • Tahun ini : 51111

  • Total : 51111

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2022