PENINGKATAN KOMPETENSI EPIDEMIOLOG KESEHATAN DALAM ANALISIS DATA SPASIAL

PENINGKATAN KOMPETENSI EPIDEMIOLOG KESEHATAN DALAM ANALISIS DATA SPASIAL

Surabaya – Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Epidemiolog Kesehatan di lingkungan BBTKLPP Surabaya, pada Selasa – Rabu, 28 – 29 Desember 2021 diselenggarakan Pelatihan Analisis Data Spasial. Pelatihan diikuti oleh seluruh pejabat fungsional Epidemiolog Kesehatan dan fungsional terkait lainnya. Narasumber berasal dari LPPM dan Departemen Statistika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, DR Sutino dan tim.

Kegiatan berlangsung secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat diselenggarakan di Aula Utama Maju Profesional BBTKLPP Surabaya. Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Surabaya, Dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, MH. Dalam sambutannya Kepala mendukung dan menyambut baik kegiatan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di BBTKLPP Surabaya sehingga semakin maju dan professional dalam menjalankan tugas. Kepala Balai berharap para Epidemiolog Kesehatan mampu mengolah data aktif maupun pasif dan memaksimalkannya sehingga dapat digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan dan program kesehatan. Data ini pun perlu disajikan ke dalam informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Selama dua hari peserta dilatih untuk menguasai analisis data spasial menggunakan Analisis Spatial Lattice dan Spatial Point Pattern untuk Epidemilog. Pelatihan berlangsung dengan metode, paparan, diskusi, dan praktek secara langsung. Materi yang disampaikan antara lain Pengenalan Analisis Spatial Lattice untuk Epidemiologi, Pemodelan Regresi Spasial, Pengenalan Spatial Point Pattern untuk Epidemiologi, Pemodelan Data Spasial Point Pattern, serta praktik menggunakan Software R dan Software Geoda. Pasca pelatihan peserta diharapkan mampu menguasai dan menentukan analisis yang tepat, antara analisis spasial atau analisis point pattern pada kumpulan data yang disajikan.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia