BANDARA JUANDA BUKA PENERBANGAN INTERNASIONAL, BBTKLPP SURABAYA SIAP PEMERIKSAAN PCR OMICRON

BANDARA JUANDA BUKA PENERBANGAN INTERNASIONAL, BBTKLPP SURABAYA SIAP PEMERIKSAAN PCR OMICRON

Surabaya – Menjelang dibukanya Bandar Udara Juanda untuk Penerbangan Internasional, diselenggarakan Rapat Koordinasi Kepulangan PMI dan WNI serta Kedatangan WNA Melalui Bandar Udara International Juanda pada Selasa (28/12). Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Otoritas Bandara Juanda International Airport tersebut dihadiri seluruh pemangku kepentingan mulai dari jajaran pemerintah Provinsi Jawa Timur, otoritas bandara, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Jawa Timur; PERUM DAMRI, BPBD Provinsi Jawa Timur, BBTKLPP Surabaya, KKP Kelas I Surabaya, Angkasa Pura I Juanda, Imigrasi , Bea Cukai, Satgas COVID Jawa Timur, jajaran Pangdam V Brawijaya, Kepolisian Daerah Jawa Timur, dan pihak swasta terkait.

Bandara Juanda mulai menerima kedatangan penerbangan internasional pada 1 Januari 2022. Untuk itu kebutuhan pemeriksaan PCR untuk entry test diperkirakan sebanyak 300 sampel. Pemeriksaan PCR di bandara Juanda baik entry test maupun exit test pasca 10 hari karantina direncakan ditangani oleh pihak swasta. Entry test menggunakan mobil laboratorium dengan kapasitas 380 spesimen menggunakan 4 alat PCR. BBTKLPP Surabaya terlibat dalam supervisi secara teknis kesiapan mobile laboratorium. Supervisi teknis monile laboratorium diselenggarakan pada Rabu (29/12).

Terkait kesiapan selanjutnya perlu dipastikan alur spesimen di Bandara Juanda, mulai pengambilan swab sampai pengelolaan limbah. Termasuk memastikan pelaporan hasil pemeriksaan melalui aplikasi New All Record (NAR) sesuai dengan ketentuan yang ada. Adapun BBTKLPP Surabaya bersama Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga bekerjasana dalam mempersiapkan pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF) dan Whole Genome Sequencing (WGS).

Sebelum rapat koordinasi, BBTKLPP Surabaya bersama KKP Kelas I Surabaya telah meninjau kesiapan lokasi yang direncanakan menjadi Laboratorium di Terminal 2 Bandara Juanda. BBTKLPP Surabaya memberi masukan terkait alur penumpang sampai memperoleh hasil swab, memastikan biosafety dan biosecurity, serta ketersediaan aliran dan kapasitas listrik.

BBTKLPP Surabaya pada dasarnya siap dalam mendukung upaya pemerintah pusat dan daerah dalam penguatan karantina wilayah utamanya untuk mencegah penyebaran varian baru COVID-19 di wilayah layanan pasca dibukanya Bandara Juanda untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Termasuk dalam pemeriksaan spesimen COVID-19 menggunakan PCR ataupun pemeriksaan lebih lanjut (SGTF dan WGS ke ITD Universitas Airlangga), melakukan supervisi kesiapan pemeriksaan, tetap menerima pemeriksaan PMI seperti biasa selama belum ada keputusan lebih lanjut, serta dukungan pada pemenuhan persyaratan biosafety dan biosecurity.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia