BBTKLPP SURABAYA DUKUNG PENGUATAN KARANTINA DI PINTU MASUK NEGARA

BBTKLPP SURABAYA DUKUNG PENGUATAN KARANTINA DI PINTU MASUK NEGARA

Surabaya – Dalam rangka kewaspadaan pada penyebaran varian baru COVID-19, Omicron, serta penguatan karantina di pintu masuk negara, pada 27 Desember 2021, BBTKLPP Surabaya mengikuti Rapat Koordinasi Direktorat Jenderal P2P secara daring. Rapat dipimpin Direktur Jenderal P2P, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS. Rapat ini ada kaitannya dengan dibukanya Bandar Udara Internasional Juanda menerima kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) pada Januari 2022 mendatang. Dalam salah satu arahannya, Dirjen P2P menyatakan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dan BBTKLPP Surabaya untuk berkolaborasi dalam pemantauan dan pemeriksaan laboratorium COVID-19 pada para PPLN, baik WNI, Pekerja Migran Indonesia (PMI), maupun WNA.

Pada kesempatan tersebut, BBTKLPP Surabaya bersama laboratorium kesehatan daerah mendapatkan peran dalam pemeriksaan PCR pada sampel PPLN, berkoordinasi dengan KKP dan Dinas Kesehatan untuk pengiriman spesimen positif untuk pemeriksaan lebih lanjut baik S-Gene Target Failure (SGTF) maupun Whole Genome Sequencing (WGS), serta menyampaikan hasil pemeriksaan kepada KKP, Dinas Kesehatan, Balitbangkes, dan PHEOC.

BBTKLPP Surabaya siap menjalankan setiap arahan dalam penguatan karantina dan pengendalian penyakit di pintu masuk negara. Khusus terkait Varian of Concern (VOC) Omicron, BBTKLPP Surabaya siap mendukung dalam pemeriksaan dan memenuhi harapan terkait target waktu hasil pemeriksaan, dukungan pendampingan SDM swabber kepada KKP , serta akses pelaporan melalui aplikasi All Record.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia