TINGKATKAN KOMPETENSI, PELAJARI METODE MUTAKHIR

TINGKATKAN KOMPETENSI, PELAJARI METODE MUTAKHIR

Yogyakarta – Kompetensi SDM dan pemutakhiran metode penting dalam pengembangan laboratorium. Untuk meningkatkan kompetensi SDM di Instalasi Biologi Lingkungan, khususnya metode pengujian terbaru, membran filter, pada contoh uji air minum dan air bersih, BBTKLPP Surabaya melakukan studi banding di BBTKLPP Yogyakarta pada 31 Oktober – 03 November 2021. BBTKLPP Yogyakarta menjadi salah satu laboratorium pemeriksaan yang telah menggunakan metode baku tersebut.

Petugas Instanalasi Biologi Lingkungan saling belajar terkait pengajuan ruang lingkup akreditasi metode membran filter pada contoh uji Air Minum dan Air Bersih, validasi metode pemeriksaan udara ruang parameter Staphylococcus aureus, dan uji kinerja media mikrobiologi (Growth Promotion Test).

Peningkatan kapasitas SDM dan pemutakhiran metode membran filter turut meningkatkan kapasitas Laboratorium Pemeriksaan Parameter Biologi Lingkungan dalam pelayanan masyarakat dan pemeriksaan faktor risiko lingkungan. Pasca studi banding, BBTKLPP Surabaya melengkapi kebutuhan dokumen pengajuan ruang lingkung membran filter sembari melakukan pemeriksaan rutin dengan metode ini. Termasuk melakukan konsultasi dengan Komite Akreditasi Nasional terkait validasi udara ruang dengan parameter S. Aureus.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia