SURVEILANS PENYAKIT RABIES DI KABPATEN ENDE

SURVEILANS PENYAKIT RABIES DI KABPATEN ENDE

Ende – Dalam upaya pengendalian kasus Rabies di wilayah layanan BBTKLPP Surabaya, pada 1 – 3 November 2021 diselenggarakan surveilans penyakit. Kegiatan berupa pengumpulan data serum 10 pasien post GHPR 1 dan 2 tahun. Responden ini merupakan pasien Rabies yang telah memperoleh vaksin VAR/SAR. Serum diperiksa untuk mengetahui status imunologi responden pasca vaksinasi. Data diolah kemudian menjadi dasar rekomendasi penentuan Kebijakan Eliminasi Rabies Tahap I. Kasus GHPR tercatat di Kabupaten Ende sebanyaj 1460 kasus.

Tim surveilans berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Kabupaten Ende sekaligus mengumpulkan data sekunder. Data antara lain angka kejadian dan kematian kasus dengan riwayat gigitan anjing tanpa pemberian VAR maupun SAR. Kejadian rabies pada bulan Oktober tercatat 7 kasus positif pada anjing melalui pemeriksaan sampel otak anjing yang mati. Tim selanjutnya melakukan review penanganan suspek Lyssa di RSUD Kabupaten Ende.

Surveilans serologi Rabies pada GHPR dan HPR penting dilaksanakan dalam upaya mempercepat pengendalian Rabies. di Kabupaten Ende khususnya. Evaluasi pelaksanaan VAR dan SAR perlu terus dilakukan termasuk kesesuaian rantai dingin penyimpanan vaksin pada Dinas Kesehatan maupun Dinas Peternakan Kabupaten Ende.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia