SURVEI SURVEY PERILAKU KENDALIKAN VEKTOR DBD DI KABUPATEN PACITAN

SURVEI SURVEY PERILAKU KENDALIKAN VEKTOR DBD DI KABUPATEN PACITAN

Pacitan – Dalam rangka pengendalian populasi vektor penyebab demam berdarah pada 26 – 30 Oktober 2021, diselenggarakan Survei Perilaku Vektor. Pacitan menjadi kabupaten yang dipilih karena tingginya kasus DBD berdasarkan Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Pengamatan vektor secara berkala bertujuan untuk mengetahui pola bionomik vektor. Identifikasi termasuk mengetahui tempat perindukan, tempat istirahat, tempat kontak vektor dengan manusia, waktu paling banyak menggigit, dan kepadatan vektor.

Identifikasi perilaku vektor ini penting sehingga dapat dirancang program-progran pengedalian sesuai dengan pola perkembangan biakan vektor Aedes Aegypti dan kondisi spesifik tersebut.

Kegiatan dilaksanakan di 3 (tiga) desa/kelurahan yaitu Menadi, Baleharjo, dan Ploso. Tim survey vektor melakukan penangkapan nyamuk selama 12 jam, identifikasi tempat perindukan nyamuk pada 200 rumah, pemasangan 55 ovitrap.

Selanjutnya tim melakukan identifikasi hasil tangkapan nyamuk dan memeriksa secara molekuler di laboratorium. Hasil kajian disusun menjadi rekomendasi pencegahan dan pengendalian penyakit DBD ke Kabupaten Pacitan.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia