PENURUNAN LEVEL PPKM, BBTKLPP SURABAYA KAJI KUALITAS UDARA DI TEMPAT TEMPAT UMUM

Gresik – PPKM di Jawa Timur mulai dilonggarkan. Wilayah level 1 di jawa Timur bertambah menjadi 10 Kabupaten/Kota, dan hanya menyisakan 2 kabupaten/kota yang masuk level 3 berdasarkan Hasil Assessment Situasi COVID-19 oleh Kemenkes RI pada 15 September 2021 lalu. Tak heran kemudian berbagai aktivitas masyarakat mulai menggeliat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Merespon hal itu, BBTKLPP Surabaya pada 15 – 17 September 2021 melakukan surveilans faktor risiko pencemaran udara di Tempat-tempat Umum di Kabupaten Gresik. Kegiatan untuk mengetahui kualitas udara di masa pelonggaran PPKM. Lokasi pengambilan contoh uji kualitas udara di alun-alun kabupaten Gresik dan Taman Gresik Kota Baru (GKB). Kedua lokasi menjadi tempat berkumpulnya masyarakat melakukan berbagai akivitas.
Pengukuran kualitas udara menggunakan High Volume Air Sampler (HVAS) dan Impanger Gas Sampler untuk mengetahui tingkat pencemaran udara parameter kimia selama 24 jam di masing-masing. Selain itu dilakukan pemantauan suhu, kelembaban, kecepatan dan arah angin, tekanan udara dengan menggunakan alat Weather Station yg dipantau setiap 60 menit. Kebisingan diukur menggunakan Sound Level Meter sebanyak tujuh (7) kali dalam 24 jam.
Tim juga memeriksa penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum sembari melakukan pemeriksaan saturasi oksigen kepada responden. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh aktivitas terhadap kesehatan pernafasan.
Kontributor     : Siti Nurhidayati dan Wahyu Istining Rahayu
Editor        : Lestyawan Satotto  

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.204.31
: Indonesia