SURVEILANS FAKTOR RESIKO KESEHATAN LINGKUNGAN DI PUSKESMAS DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Tulungagung – Pelayanan bermutu pada fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas dapat dimulai dari upaya kesehatan lingkungan dan pengendalian faktor risiko penyakit. Merespon kebutuhan tersebut BBTKLPP Surabaya pada 7 – 9 September 2021 melakukan surveilans faktor risiko kesehatan lingkungan di dua puskesmas di Kabupaten Tulungagung.
Surveilans dilakukan melalui pengamatan kondisi sanitasi lingkungan puskesmas menggunakan lembar observasi dan wawancara. Pemeriksaan sanitasi dilakukan dengan pemeriksaan contoh uji kualitas lingkungan air bersih parameter fisika kimia dan biologi, air minum parameter biologi, swab dinding, lantai, alat kesehatan, alat makan parameter biologi, pemeriksaan makanan, swab tangan dan rektal pada penjamah makanan, dan survei vektor di lingkungan puskesmas. Pengumpulan data sekunder meliputi pengelolaan rantai dingin vaksin, penanganan limbah infeksius vaksinasi atau imunisasi dan kegiatan medis lain, data infeksi nosokomial, jadwal kalibrasi peralatan sterilisasi serta dokumen terkait lainnya. Tim juga melakukan penilaian kesiapsiagaan puskesmas menghadapi wabah COVID-19 menggunakan form check list.

Kontributor     : Precilla Dewi
Editor         : Lestyawan Satotto

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.204.31
: Indonesia