MASUK AFILIASI, BBTKLPP SURABAYA KONSISTEN SEBAGAI LABORATORIUM PEMERIKSAAN COVID-19

Jumat, 16 Juli 2021
Surabaya – BBTKLPP Surabaya disebutkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/4642/2021 sebagai bagian dari 742 laboratorium pemeriksaan COVID-19 yang tergabung dalam jejaring laboratorium pemeriksaan nasional.  Lantas ramai diberitakan di berbagai media arus utama tentang sikap Pemerintah Indonesia yang hanya mengakui hasil tes PCR dari laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan tersebut sebagai syarat perjalanan atau penerbangan mulai tanggal 12 Juli 2021.
Kebijakan ini dilakukan untuk memastikan keamanan setiap penumpang dalam bepergian serta menekan laju penyebaran COVID-19. Data hasil pemeriksaan swab PCR dan antigen masuk dalam sistem data New All Record (NAR) yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi. Saat berita ini diturunkan koneksi antara NAR, PeduliLindungi, dan e-HAC sedang diuji coba di tiga bandara yaitu Soekarno Hatta, I Gusti Ngurah Rai, dan Halim Perdana Kusuma.
Meski masuk ke dalam laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan tersebut, namun BBTKLPP Surabaya tak lantas membuka pengambilan swab secara mandiri atau pelayanan perorangan. BBTKLPP Surabaya menjalankan fungsinya semata sebagai laboratorium pemeriksa sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan. “BBTKLPP Surabaya masih sebagai laboratorium pemeriksa, belum ada peraturan yang memerintahkan untuk pelayanan swab perorangan,” tegas Koordinator Tata Usaha sekaligus Ketua Laboratorium COVID-19 BBTKLPP Surabaya, Joko Kasihono.
BBTKLPP Surabaya juga ditunjuk sebagai laboratorium pembina di Provinsi Jawa Timur berdasarkan aturan tersebut. Hasil pemeriksaannya terkoneksi dengan NAR. Spesimen COVID-19 yang diperiksa merupakan rujukan dari dinas kesehatan dari seluruh wilayah layanan. Pelayanan laboratorium pemeriksaan COVID-19 di BBTKLPP Surabaya sebagai bentuk penguatan testing dalam upaya penyelidikan epidemiologi dan penelusuran kontak erat atau laboratorium surveilans kesehatan masyarakat. Sebagai laboratorium yang ditunjang anggaran pemerintah, BBTKLPP Surabaya masih secara konsisten menjadi laboratorium surveilans kesehatan masyarakat dengan layanan tak berbayar.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi
dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.227.117
: Indonesia