PELATIHAN RENCANA PENGAMANAN AIR MINUM (RPAM) BAGI BADAN PENGELOLA SARANA AIR MINUM DAN SANITARIAN DI KABUPATEN MALANG

PELATIHAN RENCANA PENGAMANAN AIR MINUM (RPAM) BAGI BADAN PENGELOLA SARANA AIR MINUM DAN SANITARIAN DI KABUPATEN MALANG

Malang – Mendukung pencapaian target akses air minum yang aman dan layak bagi masyarakat melalui peningkatan kapasitas pengelola air minum pedesaan di Kabupaten Malang, pada 28 – 29 Juni 2021 diselenggarakan Pelatihan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) bagi Badan Pengelola Sarana Air Minum dan Sanitarian. Pelatihan diikuti 60 peserta yang terdiri dari 26 PAMSIMAS dan 14 sanitarian Puskesmas Kabupaten Malang. Pelatihan sebagai pembelajaran para penyelenggara air minum pedesaan sehingga mampu mengkaji faktor risiko dan meningkatkan kualitas layanan air minum kepada masyarakat.

Sanitarian BBTKLPP Surabaya menjadi narasumber kegiatan dua hari di Savana Hotel & Convention Kota Malang tersebut. Materi pelatihan tentang pengenalan dan enam (6) modul RPAM, serta Teknologi Tepat Guna Pengolahan Air Minum Rumah Tangga (TTG PAM RT). Hari kedua peserta diajak untuk observasi lapangan dan mempelajari pengelolaan air minum bagi masyarakat di SPAM Sumber Tirta KKM Banyumili, Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kab. Malang.

Pelatihan ditindaklanjuti dengan membentuk forum komunikasi untuk memudahkan sharing informasi dan pengalaman, pembinaan lanjutan dan bimbingan khusus kesehatan lingkungan , teknis manajemen, dan penyusunan pelaporan.

Cakupan air minum yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas, dan akses menjadi salah satu bentuk peningkatan kualitas dan derajat kesehatan suatu negara. Akses pada air minum berkualitas turut mencegah penyakit dari perantaraan air/penyakit infeksi dan mencegah kejadian stunting pada generasi bangsa.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.227.117
: Indonesia