PENELUSURAN VARIAN OF CONCERN COVID-19 DI JAWA TIMUR

Selasa, 25 Mei 2021

Surabaya – BBTKLPP Surabaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi bergerak cepat dalam upaya kewaspadaan dini pencegahan penularan masuknya variant of concern  COVID-19 ke wilayah Jawa Timur. Berdasarkan hasil Whole Genome Sequencing (GWS) pada Pekerja Migran Indonesia yang terkonfirmasi positif diketahui telah masuk dua strain Inggris (B.1.1.7) dan Afrika Selatan (B.1.351)  ke Jawa Timur. Konsolidasi antara BBTKLPP Surabaya dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pada 17 Mei 2021, memutuskan melakukan penelusuran kontak erat kepada 14 orang yang tersebar di tujuh (7) kabupaten di Jawa Timur. Adapun satu kontak erat yang berada di Jawa Tengah dilakukan penelusuran dinas kesehatan setempat berdasarkan notifikasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.  

Tim gabungan bersama dinas kesehatan kabupaten, puskesmas, unsur pemerintah kecamatan dan desa, serta unsur pengamanan dan ketertiban, melakukan penyelidikan epidemiologi, identifikasi riwayat perjalanan penyakit, dan penelusuran kontak erat. Selain itu juga dilakukan pengambilan swab dan serum darah untuk mengetahui pembentukan antibodi. Tak semua kontak erat dapat ditemukan dan diidentifikasi disebabkan ketidaklengkapan alamat. Meski begitu, komunikasi risiko tentang pentingnya 3 M dan perilaku hidup betsih dan sehat. Karantina pada kontak erat selama 14 hari dilaksanakan dengan pengawasan petugas desa. Adapun kontak erat yang belum ditemukan terus dilakukan penelusuran oleh satgas desa dan kecamatan. Apabila ditemukan dan jika kontak erat menunjukkan gejala COVID-19 untuk segera dilakukan kontak pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan BBTKLPP Surabaya. 

Sampai berita ini diturunkan telah dilakukan penyelidikan epidemiologi pada 4 kasus, 8 kontak erat, 3 pengambilan swab, dan 5 pengambilan serum darah.

Kontributor : Juniarsih, Fatchul Jannah, Efi Sriwahyuni

Editor : Lestyawan Satotto

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia