KEWASPADAAN PENYEBARAN VARIAN BARU COVID-19 DI JAWA TIMUR

Surabaya – Dunia sedang dibuat waspada dengan munculnya tiga varian baru COVID-19. Varian B.1.1.7  (Strain Inggris), B.1.351 (Strain Afrika Selatan), dan B.1.6.1.7 (Strain India). Ketiga varian tersebut telah ditemukan di Indonesia. Strain baru ini diperkirakan lebih cepat menular berdasarkan kenaikan kasus di India, Malaysia, dan Singapura semenjak konfirmasi penemuan varian baru di tiga negara tersebut. Gelombang kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Ramadhan 1442 H menjadi sinyal potensi penyebaran. Untuk itu, Kementerian Kesehatan memberikan peringatan dan arahan peningkatan kewaspadaan atas potensi penyebarannya.
Arahan diantaranya melakukan karantina pada PMI yang baru datang di beberapa pelabuhan internasional,  Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mengetahui transmisi lokal, serta penguatan penyelidikan epidemiologi dan kontak erat.
BBTKPP Surabaya kembali berperan aktif di wilayah layanan. BBTKLPP Surabaya melakukan pemeriksaan laboratorium dari usap para PMI lalu secara tertib mengirimkan spesimen positif ke Balitbangkes dan Institute Tropical Disease Universitas Airlangga. ITD merupakan laboratorium yang ditunjuk untuk melakukan WGS di Jawa Timur. Hasil WGS di Jawa Timur, menunjukkan telah ditemukannya strain Inggris dan Afrika Selatan.
Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur melakukan penyelidikan epidemiologi dan penelusuran kontak erat kasus strain baru tersebut. Penyelidikan epidemiologi telah dilakukan pada kasus konfirmasi positif strain Inggris di Rumah Sakit Lapangan Indrapura. Untuk kemudian dilakukan penelusuran kontak erat di tujuh kabupaten di Jawa Timur.   
Upaya ini tetap dibarengi dengan upaya edukasi atas pentingnya ikhtiar masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3 M, vaksinasi, dan mengurangi mobilitas ke luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.
Kontributor    : Hari Gunawan
Editor         : Ratna Ayu

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia