PENGUATAN LABORATORIUM PEMERIKSAAN COVID-19 DI PERBATASAN NEGARA

Atambua – Untuk memastikan Kabupaten Belu memiliki laboratorium Pemeriksaan COVID-19 yang mumpuni, tim BBTKLPP Surabaya memberikan bimbingan teknik pengelolaan laboratorium. Laboratorium dengan standar BSL 2 disiapkan bertempat di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua. Laboratorium telah memiliki mesin TCM GenExpert  empat modul, bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT bekerjasama dengan Global Fund (GF) dan mesin RT-PCR serta ekstraksi otomatis dari BNPB. Sayangnya belum digunakan secara optimal karena adanya kendala cartridge dan belum ada laboratorium dengan  standar BSL 2 untuk pemeriksaan COVID-19. Padahal sebagai kabupaten perbatasan, Belu , perlu memiliki laboratorium pemeriksaan COVID-19 untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 karena tingginya lalu lintas pelaku perjalanan internasional dari Republik Demokratik Timor Leste dan Republik Indonesia.
Untuk itu, tim BBTKLPP Surabaya memberikan bimbingan terkait pengelolaan laboratorum pemeriksaan COVID-19, masukan tentang desain dan rancangan gedung laboratorium yang ideal, akomodasi, serta kebutuhan reagen, bahan habis pakai, dan logistik lainnya.
Penguatan sumber daya manusia juga dilakukan dengan pelatihan bagi petugas analis dan surveilans puskesmas, RSUD Gabriel Manek SVD Atambua, Dinas Kesehatan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Pelatihan berupa pengambilan swab spesimen COVID-19, pemeriksaan spesimen menggunakan metode TCM, pelaporan hasil menggunakan New All Record, biosafety biosecurity, dan pengelolaan limbah.
Untuk memastikan keberlanjutan pemeriksaan, sementara sampai Kabupaten Belu memiliki laboratorium BSL 2 dan didukung anggaran daerah, kebutuhan VTM dan swab dacron untuk pengambilan swab,  cartridge untuk pemeriksaan TCM COVID-19, dan APD lengkap bagi petugas akan disediakan oleh BBTKLPP Surabaya.  
Kepala BBTKLPP Surabaya, Dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, MH yang turut hadir dalam kegiatan, menyampaikan kesiapan BBTKLPP Surabaya untuk mendukung penuh. “Tim teknis kami siap mendampingi laboratorium Kabupaten Belu, sampai siap beroperasi,” tegasnya.
Tim bahkan siap membimbing laboratorium Kabupaten Belu untuk pengajuan permintaan logistik kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI dengan sebelumnya tergabung dalam jejaring laboratorium pemeriksaan COVID-19 nasional. Bimbingan termasuk dalam pengajuan rencana anggaran dan pengadaan mesin, alat, bahan  reagen, dan APD pemeriksaan COVID-19.


Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia