SURVEI CACINGAN PADA PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Selasa, 13 April 2021
Lombok Timur – Masih dalam rangkaian pengendalian penyakit cacingan pada anak usia sekolah di wilayah layanan, pada 6 – 9 April 2021 diselenggarakan survei kecacingan di pondok pesantren di Lombok Timur. Kriteria pondok pesantren lokasi surveu adalah yang hygiene sanitasinya kurang baik,  daerah dengan permasalahan gizi/ stunting, dan banyak santri usia sekolah dasar. Ponpes terpilih berada di Desa Santong, Kec. Terara dan Desa Montong Beter Kecamatan Sakra Barat.
Mengawali kegiatan, koordinasi dilakukan dengan Dinas Kesehatan Provinsi  NTB, Dinas Kehatahatan Kabupaten Lombok Timur, Labkesda Lombok Timur, dan pengasuh pondok pesantren. Kegiatan dirangkai dengan penyuluhan kesehatan terhadap para santri SD Pondok pesantren sembari pengukuran atropometri. Sesuai pedoman pengambilan sampel, masing-masing pondok diambil 70 sampel secara random. Total 140 sampel yang diperiksa, ditemukan satu positif jenis Ascaris. Penemuan kasus ditindaklanjuti dengan merujuk kasus untuk pengobatan ke puskesmas terdekat dan edukasi kesehatan khusus peningkatan higiene perorangan.

Kontributor: Hari Gunawan
Foto: Tri W. dan Ariska
Editor: Ratna Ayu

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia