SURVEILANS PENYAKIT RABIES DI DOMPU NTB

Dompu -  Dalam rangka mendukung program pencegahan dan pengendalian penyakit Rabies, BBTKLPP Surabaya melakukan kegiatan Surveilans Penyakit Rabies. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 20 Maret 2021 di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tengara Barat bertujuan untuk mengetahui gambaran epidemiologi, gambaran status Immunologi responden pasca vaksinasi VAR dan/atau SAR dan mengetahui faktor risiko penyakit Rabies. Sasarannya adalah pasien post GHPR yang telah memperoleh vaksinasi VAR dan/atau SAR dalam kurun waktu 2019 – 2020  dan petugas Dinas Peternakan yang memperoleh VAR. Pengumpulan data melalui wawancara terkait faktor risiko dan pengambilan serum pada sasaran. Wawancara dilakukan kepada pemegang program rabies di Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan
Kegiatan diawali dengan koordinasi antara BBTKLPP Surabaya dengan Dinas Kesehatan Dompu dan Dinas Peternakan Dompu. Disepakati waktu dan mekanisme pelaksanaan kegiatan. Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Soriutu dan Puskesmas Kempo. Pengumpulan serum untuk mengetahui status imunologi dan faktor risiko dilakukan selama dua minggu ke depan oleh Petugas Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Spesimen kemudian  dikirim ke BBTKLPP Surabaya untuk diuji anti rabies anti glikoprotein antibodi menggunakan teknik imuno-enzimatik dengan metoda ELISA indirect.
 Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.236.228.250
: Indonesia