UJI KUALITAS RDT MALARIA DI KABUPATEN SUMBA TIMUR

Waingapu – Indonesia terus berupaya untuk mewujudkan Eliminasi Malaria sampai ke berbagai pelosok negeri. Pulau Sumba masih termasuk zona merah dalam peta malaria nasional. Untuk itu perlu ditingkatkan upaya pengendalian dan pemberantasan melalui penemuan kasus dan penegakan diagnosis Malaria.   Sayangnya tak semua wilayah memiliki laboratorium pemeriksa malaria terstandar baik metode, sumber daya petugas, dan sarana prasarana. Pemeriksaan cepat atau RDT malaria menjadi salah satu alternatif pemeriksaan di daerah yang belum memiliki laboratorium.

Untuk memastikan kualitas pengujian RDT Malaria, diselenggarakan kegiatan Uji Kualitas RDT Malaria. Pada kegiatan tersebut, BBTKLPP Surabaya berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Dinas kesehatan Kabupaten Sumba Timur yang diselenggarakan pada 16 – 29 Maret 2021.
 
Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kualitas RDT Malaria yang disitribusikan di daerah. Kualitas dengan memperhatikan  kondisi fisik, nilai sensitifitas, spesifitas, dan akurasi  uji RDT malaria melalui konfirmasi atau dibandingkan dengan pemeriksaan malaria metode gold standar, yaitu secara mikroskopis. Kegiatan juga dengan evaluasi keterampilan analis dalam melaksanakan pemeriksaan menggunakan RDT dan secara mikroskopis. Termasuk penerapan tata laksana kegiatan, pemantapan mutu atau  quality assurance, dan kepatuhan kinerja petugas terkait kepatuhan pada penerapan SOP RDT Malaria.

Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Melolo dan Puskesmas Mahu,  Kabupaten Sumba Timur. Kegiatan akan berjalan dalam jangka waktu sampai Juni 2021. Kegiatan di Maret 2021, untuk penyerahan logistik dari BBTKLPP Surabaya dan Dinkes Prov NTT. Selanjutnya dilakukan pemantapan keterampilan petugas pemeriksa laboratorium melalui on the job training. Selama tiga bulan ke depan ditargetkan diperoleh sampel malaria sebanyak 140 subyek. Pemeriksaan subjek dilaksanakan secara pasif dan secara aktif. Selanjutnya hasil pemeriksaan RDT malaria akan dikonfirmasi secara molekuler menggunakan PCR oleh BBTKLPP Surabaya.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.236.228.250
: Indonesia