ASSESMENT KLB BANJIR DAN LONGSOR SERTA BANTUAN LOGISTIK DI KABUPATEN NGANJUK

Nganjuk – Pasca kejadian biasa banjir dan tanah longsor di Kabupaten Nganjuk pada 14 Februari 2021, Tim Gerak Cepat KLB Bencana BBTKLPP Surabaya diturunkan untuk melakukan rapid health assessment dan penyerahan bantuan logistik penyehatan lingkungan di lokasi Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos. Mengingat masih kejadian KLB masih dalam situasi pandemi COVID-19, dilakukan pula upaya-upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 melalui rapid test antibodi pada seluruh pengunsi dan penyediaan rumah isolasi khusus bagi pengungsi dengan rapid antibodi reaktif dan konfirmasi COVID-19 melalui pemeriksaan RT-PCR.
Assesment gabungan antara tim BBTKLPP Surabaya dan Dinas Kesehatan setempat menemukan adanya kejadian keracunan makanan akibat makanan berbahan mie yang dibagikan kepada pengungsi. Terdapat 44 pengungsi yang mengalami keracunan, namun sudah diatasi oleh Puskesmas Ngetos dan Tim Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.
Pada kesempatan yang sama, BBTKLPP Surabaya menyerahkan bantuan logistik sesuai dengan permintaan dinas kesehatan kabupaten. Bantuan logistik dalam rangka penyehatan lingkungan pasca bencana banjir berupa klorinasi dan penjernihan sumber-sumber air minum yang melanda 4 kecamatan  dan 20 desa/kelurahan terdampak. Bantuan logistik yang disalurkan berupa 50 kg kaporit, 20 kg Pembersih Air Cepat (PAC), 20 kg tawas, 25 buah clorine diffuser, dan 500 pak hygiene.
Tim Gerak Cepat memberikan rekomendasi peningkatan kualitas lingkungan dan pencegahan penyakit di kawasan pengungsian dengan penguatan peran lintas sektoral, termasuk pengetatan penerapan protokol kesehatan/3M, Kerjasama dengan tim DVI dalam penemuan danidentifikasi korban longsor yang belum ditemukan. Penggunaan test cepat antigen yang dinilai memiliki kekauratan yang lebih baik dibandingkan rapid antibodi. Serta pemenuhan kebutuhan logistik penyehatan lingkungan lanjutan, MP-ASI, MP-Bumil, dan makanan bergizi untuk lansia.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.186.43
: Indonesia