KOORDINASI PERSIAPAN PENEMPATAN MOBIL LABORATORIUM BERGERAK SURVEILANS DI PROVINSI NTT

KUPANG – sebagai persiapan pelayanan laboratorium surveilans penyakit menular di Provinsi NTT, Kepala BBTKLPP Surabaya melakukan koordinasi pengiriman Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans pada 09 Februari 2021. Kepala BBTKLPP Surabaya bertemu dengan Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi. Wakil Gubernur menyatakan terimakasih atas bantuan dan dukungan BBTKLPP Surabaya pada penguatan penanganan COVID-19 di provinsi yang dipimpinnya, termasuk bantuan reagen pemeriksaan ketika stock menipis di NTT. Di saat yang sama juga dilakukan video call bersama Sekretaris Direktorat Jenderal P2P, dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes. Disampaikan terimakasih atas rencana penempatan Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans yang ada di BBTKLPP Surabaya untuk memberikan pelayanan di Provinsi NTT.

Selanjutnya Kepala BBTKLPP Surabaya melakukan koordinasi persiapan pengiriman dan penempatan  Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Disepakati laboratorium bergerak akan ditempatkan di RSJ Naimata. Segala kebutuhan persiapan operasionalisasi akan disiapkan. Termasuk jaringan listrik, tenaga analis laboratorium, lokasi pengelolaan limbah medis. Sebelum operasional, disepakati semua tenaga analis dilatih terlebih dahulu oleh tim laboratorium BBTKLPP Surabaya.

BBTKLPP Surabaya juga akan membantu provinsi NTT dalam pengembangan laboratorium pemeriksaan RT-PCR selanjutnya. Melalui pengajuan pemberian alat laboratorium RT-PCR dan reagen kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans berasal dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dan ditempatkan di BBTKLPP Surabaya. Selanjutnya akan ditempatkan di Provinsi NTT untuk membantu pemeriksaan atau surveilans penyakit tidak menular dan TBC, termasuk untuk mendukung peningkatan kapasitas pemeriksaan COVID-19 di Provinsi NTT. Mengingat saat ini Provinsi NTT sangat membutuhkan dukungan pemeriksaan COVID-19, setelah spesimen di dua laboratorium RT-PCR di NTT, yaitu Laboratorium RSUD Prof. Dr. W Z Johannes dan Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana menumpuk.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.186.43
: Indonesia