PENGEMBANGAN LAB RT-PCR HARAPAN BARU PROV NTT

Kupang – Masyarakat NTT boleh berlega hati. Saat ini, Provinsi NTT tengah mempersiapkan satu laboratorium RT-PCR berupa bangunan permanen di Laboratorium Kesehatan Provinsi NTT. Dalam waktu satu bulan diharapkan bangunan telah rampung. Saat telah dilakukan assessment dan pengajuan izin operasional, maka masyarakat NTT dapat dilayani di laboratorium milik provinsi tersebut. Adapula RSUD S. K. Lerik Kota Kupang juga tengah dilakukan pengembangan. Hanya tim BBTKLPP Surabaya saat tinjauan pada 3 – 5 Februari 2021 belum berkesempatan mengunjungi.
Komitmen BBTKLPP Surabaya dalam membantu Provinsi NTT tak berhenti disana. Peninjauan segera ditindaklanjuti dengan menyelenggarakan pelatihan secara daring kepada laboratorium RT-PCR baik yang sudah, tengah, dan akan dikembangkan di seluruh provinsi NTT. Pelatihan tatap layar tersebut dapat menjadi ajang bagi dinas kesehatan kabupaten/kota di seluruh NTT yang memiliki kesiapan dalam mengembangkan laboratorium RT-PCR di daerahnya. Berkaca dari upaya Provinsi Jawa Timur di awal pandemi setahun lalu yang hanya memiliki empat laboratorium RT-PCR untuk 38 kabupaten/kota. Kini telah bertumbuhan sampai 80 laboratorium. Bukan tidak mungkin dalam waktu tak lama lagi, Provinsi NTT juga mampu mengembangkan beberapa laboratorium RT-PCR untuk meningkatkan akses pelayanan pemeriksaan COVID-19 bagi wilayahnya yang luas dan terdiri atas kepulauan.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.186.43
: Indonesia