BANGGA : KOTA SURABAYA PUNYA LABORATORIUM COVID-19 BBTKLPP SURABAYA BIMBING SELAMA 4 BULAN

Surabaya – Pengembangan sedari Juni berbuah manis. Secara resmi, Kota Surabaya memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang mampu melakukan pemeriksaan Covid-19 secara cepat dan massal. Tak cukup itu, laboratorium yang diresmikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, pada 15 September 2020 tersebut juga dapat diakses 24 jam dan gratis bagi warga Kota Pahlawan.
Peresmian ini tak hanya membahagiakan bagi masa depan pemeriksaan covid-19 di Surabaya namun juga membanggakan bagi BBTKLPP Surabaya. Bagaimana tidak, BBTKLPP Surabaya menjadi salah satu pihak yang turut membidani pengembangan Laboratorium pemeriksa Covid-19 di bilangan Gayungsari tersebut. Seperti pemberitaan sebelumnya, BBTKLPP Surabaya secara aktif membantu pelatihan bagi para analisnya, memberikan masukan dan rekomendasi terkait pengelolaan laboratorium covid-19, tak ketinggalan diminta melakukan supervisi menjelang operasionalisasinya. Sampai berita ini diturunkan, BBTKLPP Surabaya masih memberikan pelatihan penguatan pemeriksaan laboratorium Covid-19 untuk tim Labkesda Kota Surabaya.
Keberadaan Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Surabaya diklaim oleh Walikota Surabaya sebagai yang terbaik. “Laboratorium seperti ini biasanya dimiliki di tingkat Provinsi, tapi Surabaya punya,” kata Risma saat ditanya para wartawan di sela-sela peresmian. Labkesda Kota Surabaya saat ini mengoperasionalkan 5 mesin PCR dengan kapasitas pemeriksaan 1500 – 2000 spesimen setiap harinya dalam sembilan kali running pembacaan PCR. Terbagi ke dalam tiga shift kerja. Setiap petugas laboratorium tidak boleh bekerja lebih dari enam jam setiap harinya. Hal tersebut demi pertimbangan kesehatan dan keselamatan petugas. Hasil pemeriksaan dapat diperoleh dalam dua hari dan dapat dipercepat dua jam untuk kasus tertentu yang membutuhkan penanganan segera.
Meski diperuntukkan terutama untuk warga kota, namun warga bukan KTP Surabaya tetap bisa melakukan test swab dengan harga yang terjangkau. Sesuai peraturan daerah, pemeriksaan swab Covid-19 di Labkesda Surabaya dikenai biaya Rp 120.000,-. “Itu sudah sangat terjangkau. Meski reagen dan bahan habis pakai bantuan, tetapi masih ada biaya operasional sesuai perda,” jelas Risma. Bahkan tim labkesda dapat dipanggil untuk melakukan tes swab. Upaya yang dikeluarkan untuk mendatangani langsung dinilai lebih murah dalam kerangka pencegahan penularan dan pengendalian penyakit jika dibandingkan dengan biaya jika sudah menderita Covid-19.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.230.119.106
: Indonesia