GELIAT WISATA, TINGKATKAN PENYELIDIKAN EPIDEMIOLOGI DAN PENELUSURAN KONTAK ERAT

Manggarai Barat – Sudah 6 bulan berjalan, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami  penambahan, termasuk di Kabupaten Manggarai Barat. Di sisi lain, pada era adaptasi kebiasaan baru ini, geliat ekonomi warga perlu ditingkatkan. Bagi Kabupaten Manggarai Barat yang memiliki tujuan wisata mendunia seperti Pulau Komodo bertekad kembali menggelorakan sektor pariwisata.  Untuk memastikan pariwisata tetap dijalankan sesuai protokol kesehatan yang menjamin keselamatan warga dan wisatawan, kinerja penemuan kasus dan pemantauan kontak erat harus ditingkatkan seiring dengan pengembangan sektor pelayanan kesehatan lainnya. Mengingat dengan meningkatkanya sektor pariwisata akan mendorong peningkatan mobilisasi dari dan ke Manggarai Barat. Oleh sebab itu, BBTKLPP Surabaya pada 2 – 5 September 2020 melakukan pendampingan penyelidikan epidemiologi dan tracing contact Covid-19 di kabupaten dengan ibukota Labuan bajo tersebut.
Penguatan pendampingan dilakukan dengan memastikan penerapan pedoman pengendalian Covid-19 Revisi 5, fasilitasi tenaga relawan dalam penyelidikan epidemiologi, penelusuran kontak erat secara cepat, serta memastikan pemantauan kontak erat secara berkala. Perlu pula ditingkatkan surveilans Influeanza Like Illness (ILI) dan Severe Acute Respiratory Infections (SARI) terutama jika telah terjadi penularan lokal.
Ke depan, Kabupaten Manggarai Barat melakukan percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 melalui peningkatan 3 T yaitu pemeriksaan (Testing), penemuan kontak erat (Tracing), dan perawatan pasien sampai sembuh (Treatment). Adapun masyarakat tetap terus diedukasi dengan adaptasi kebiasan baru melalui 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun dan penggunaan handsanitizer sesering mungkin.
(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.230.119.106
: Indonesia