PERLUASAN KERJASAMA DAN SURVEILANS PENYAKIT

Surabaya – BBTKLPP Surabaya semakin melebarkan sayap kerjasamanya. Pada Jumat (04/09), Kepala BBTKLPP Surabaya menerima kunjungan Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (BBPPVRP) Salatiga, Joko Waluyo bersama tim. Kunjungan tersebut dalam upaya penjajagan kerjasama antar kedua instansi.

Kepala BBPPVRP menyatakan kerjasama dengan BBTKLPP Surabaya telah terjalin lama dalam bidang penelitian dan pengembangan terkait vektor penyakit. Adapun kedatangan tim BBPPVRP termasuk mempelajari cara menciptakan lingkungan kerja yang kondusif mengingat saat ini tengah giat melakukan pembenahan organisasi serta mencari potensi kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk BBTKLPP Surabaya. BBPPVRP Salatiga juga telah mengembangkan penelitian termasuk terkait kelelawar yang disinyalir sebagai vektor perantara Covid-19. Selain juga penelitian terkait leptospirosis yangmana BBTKLPP Surabaya juga melakukan kajian pada penyakit zoonosis tersebut.

Kepala BBTKLPP Surabaya didampingi Kepala bagian Tata Usaha, menyambut baik niatan tersebut. Kepada Kepala BBPPVRP Salatiga, Kepala Balai menyampaikan kerjasama dapat dikembangkan melalui kegiatan penyelidikan epidemiologi, mengingat BBTKLPP Surabaya memiliki peran dalam surveilans epidemiologi penyakit dan faktor risiko penyakit. “PE ini penting dilakukan secara cepat termasuk dalam pelaporannya sebab diperlukan banyak pihak,” jelas Kepala BBTKLPP Surabaya.

Salah satunya yang telah berjalan adalah surveilans Leptospirosis di Kabupaten Pacitan. Kepala Bagian Tata Usaha BBTKLPP Surabaya menjelaskan, bahwa surveilans leptospirosis ini telah berbasis masyarakat dengan sebelumnya melatih kader untuk dapat menemukenali secara dini gejala leptospirosis di masyarakat sehingga dapat melaporkan secara cepat sesuai dengan alur dan mekanisme yang telah dilatihkan.

Ke depan, kerjasama antar dua instansi akan berupa pembekalan petugas, workshop, serta pertukaran ilmu tentang teknologi informasi dan publikasi penelitian serta kajian. Selanjutnya kedua pihak membuat perjanjian kerjasama pembahasan teknis kegiatan dan anggaran.

(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.230.119.106
: Indonesia