3 BULAN DAMPINGI SELF ASSESMENT 12 LAB PEMERIKSA COVID-19

Surabaya – Menjadi bagian dari tim monitoring dan evaluasi laboratorium pemeriksa Covid-19 di Jawa Timur, BBTKLPP Surabaya ikut terlibat aktif dalam self assesment berbagai laboratorium pemeriksa Covid-19. Tim terdiri dari dinas kesehatan provinsi, PATKLIN ( Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik Indonesia), dan PAMKI (Perhimpunan  Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia).
Pendampingan penilaian ini dilakukan pada Laboratorium Kesehatan Daerah, Laboratorium kesehatan, dan Laboratorium Rumah Sakit. Selama tiga (3) bulan tercatat BBTKLPP Surabaya telah melakukan pendampingan penilaian mandiri kemampuan dan kapasitas laboratorium pada 12 laboratorium, diantaranya National Hospital, RSI Jemur Sari, RSI A. Yani, RS Bhayangkara Surabaya, RSAL dr. Ramelan, RSUD dr. Iskak Tulungagung, RS Lavalette Malang, dan RSUD Ibnu Sina.
Penilaian pada kemampuan laboratorium berdasarkan Surat Edaran No. HK.02.01/Menkes/234/2020. Self Assesment  menilai persyaratan gedung BSL-2. Biosafety Cabinet (BSC), Peralatan, sumber daya manusia, praktik Biosafety dan Biosecurity, dan persyaratan Good Laboratory Practice yang terdiri dari 70 item penilaian. Hasilnya semua laboratorium dinilai telah memenuhi persyaratan standar minimal dan dapat melakukan pemeriksaan laboratorium secara baik.
(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.230.119.106
: Indonesia