Produk TTG Solusi Konkret Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Surabaya – Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan salah satu solusi yang ditawarkan BBTKLPP Surabaya dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit di wilayah layanan. Dalam upaya percepatan pemanfaatan produk TTG yang dihasilkan BBTKLPP Surabaya, pada Kamis (30/07) dilakukan monitoring dan evaluasi pengembangan produk TTG pencegahan dan pengendalian penyakit. Rapat monev dipimpin oleh Kepala BBTKLPP Surabaya dan diikuti Kepala Seksi Teknologi Pengendalian Penyakit serta tim Instalasi Teknologi Tepat Guna.

Kepala BBTKLPP Surabaya mengarahkan supaya produk TTG yang dikembangkan harus menjadi solusi konkret atas masalah kesehatan yang dihadapi masyakarakat. “Cara mendapat solusi konkrit bagaimana? Harus diidentifkasi dahulu apa problem di masyarakat dan kita buat solusi yang menjawab problem itu, sehingga produk kita bisa dimanfaatkan,” tegas Kepala BBTKLPP Surabaya.

Produk TTG yang telah dikembangkan BBTKLPP Surabaya antara lain rangkaian handsanitizer, sabun,  klorin diffuser untuk desinfeksi dalam pengolahan air, dan lilin anti nyamuk. Saat ini, tim TTG didukung tiga orang personil. Kepala beranggapan tim tidak perlu terlalu banyak, cukup 2 – 3 orang namun giat dan memiliki terobosan serta inovasi-inovasi terbaru. Selanjutnya diharapkan semakin banyak produk inovasi yang dihasilkan guna menjawab kebutuhan masyarakat dan menjadi langkah proaktif dan pereventif sebelum munculnya kejadian luar biasa.

Produk inovasi sebelum diluncurkan, harus lulus uji fungsi di lapangan. Pengelolaannya dilakukan secara profesional dengan memperhatikan tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Penting juga menguatkan komunikasi dengan masyarakat, pemerintah daerah, lintas sektor, dan lintas program. Tak kalah penting hasilnya didokumentasi, direkam, dan disusun jurnal ilmiahnya untuk penerbitan di jurnal internasional terakreditasi.

(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapunan . Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.107.209
: Indonesia