Pastikan kualitas air minum, BBTKLPP Surabaya Lakukan Uji Petik DAMIU di Kabupaten Gresik

Gresik – Untuk memastikan penyediaan air minum yang sehat untuk masyarakat, khususnya mereka yang memanfaatkan air minum isi ulang, pada 22 – 24 Juli 2020, BBTKLPP Surabaya melakukan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bawaan Air pada DAMIU.

Uji petik kualitas air minum dilaksanakan di 10 Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) yang tersebar di wilayah Kabupaten Gresik. Tak kurang dari 40 contoh uji air minum DAMIU di outlet, swab tangan pengelola DAMIU, dan swab kran outlet diperiksa. Kualitas air minum diuji dengan pemeriksaan ontoh uji secara kimia dan mikrobiologi. Selain itu, dilakukan wawancara menggunakan kuisioner terstruktur terkait perilaku dan sanitasi lingkungan.

Pengamatan di lapangan masih ditemukan DAMIU di kabupaten Gresik tidak memiliki sertifikat laik sehat karena Perda terkait belum disahkan. Standardisasi peralatan dan metode sterilisasi alat juga diperlukan. Selain itu, perlu peningkatan sanitasi lingkungan DAMIU.

Untuk memastikan kesehatan dan keamanan penyediaan air minum isi ulang di Kabupaten Gresik, baik kualitas air dan pengelolaan sanitasi, diperlukan peningkatan pembinaan, pemantauan, dan pengawasan dari dinas kesehatan, perindustrian, maupun asosiasi pengusaha DAMIU (ASPADA).

 (Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapunan . Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.107.209
: Indonesia