Pengendalian Penyakit Leptospirosis di Masa Pandemi Covid-19

Surabaya – Tak hanya Covid-19, BBTKLPP Surabaya tetap menaruh perhatian pada upaya-upaya pengendalian dan pencegahan penyakit lainnya dengan tetap dalam format new normal. Pada Jumat (26/06), BBTKLPP Surabaya menggelar Webinar Bidang Surveilans Epidemiologi dengan tema Leptospirosis dalam Masa Pandemi. Webinar dibuka oleh Kepala BBTKLPP Surabaya dengan pemateri Direktur P2PTVZ,  Kepala Seksi Advokasi KLB BBTKLPP Surabaya, Kepala Seksi P2PM Dinkes Kab. Pacitan, dan praktisi kesehatan, Dr. dr. Erni Juwita Nelwan, Sp.PD, KPTI, FACP, FINASIM, Ph.D. Webinar diikuti 50 peserta via zoom dan 102 peserta melalui live streaming youtube. Peserta berasal dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten/kota, dan UPT Kemenkes di wilayah layanan BBTKLPP Surabaya.  

Penyelenggaraan webinar dilatarbelakangi adanya laporan kasus penyakit berpotensi KLB termasuk leptospirosis yang terjadi di beberapa wilayah selama Pandemi Covid-19. Adapun webinar dimasiksukan untuk mengembangkan sistem surveilans sentinel Leptospirosis serta meningkatkan peran BBTKLPP Surabaya dalam pengujian leptospirosis di wilayah layanan BBTKLPP Surabaya. Hal ini  sesuai penunjukan Direktorat P2PTVZ dan CDC sebagai Laboratorium Pemeriksa MAT ke-3 setelah RS Kariadi dan B2P2VRP Salatiga.

Sistem surveilans sentinel Leptospirosis di BBTKLPP Surabaya dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan tokoh masyarakat dan petugas kesehatan dalam proses pelaporan kasus leptospirosis di wilayahnya. Sistem surveilans sentinel ini telah dilaksanakan sejak 2018 di Kabupaten Pacitan, Ponorogo, dan Gresik. Tahun ini dilaksanakan penguatan sistem surveilans sentinel di Kabupaten Gresik.

Direktur P2PTVZ dalam arahannya mengingatkan protokol layanan leptospirosis pada masa pandemi Covid-19  meliputi tata laksana kasus, alur layanan, pelaksanaan penyelidikan epidemiologi, dan pencegahan pada masa Covid. Pada webinar dipaparkan penguatan surveilans leptospirosis di Wilayah Layanan BBTKLPP Surabaya oleh Kepala Seksi Advokasi KLB BBTKLPP Surabaya. Adapun Kabupaten Pacitan, salah satu wilayah yang berhasil menerapkan sistem surveilans sentinel leptospirosis memaparkan pelaksanaan surveilans leptospirosis di tengah pandemi Covid  yang disampaikan oleh Kepala Seksi P2PM Dinkes Kab. Pacitan.

Dr. dr. Erni Juwita Nelwan, dalam paparannya menyampaikan pelaksanaan surveilans dan tata laksana leptospirosis sudah berjalan baik dan perlun dilanjutkan untuk mewujudkan eliminasi leptospirosis. Termasuk penggunaan RDT leptospirosis dalam tata laksana klinis kasus sehingga pemberian obat dan selang waktunya tepat dan tidak terjadi keterlambatan diagnosis. Selain itu perlu dilakukan pengendalian vektor tikus dengan melibatkan sektor terkait.
(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com ).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.167.74
: Indonesia