Talk Show Masa Transisi Percepat Adaptasi, New Normal Harapan dan Tantangan

Surabaya – Sebagai tindak lanjut Hasil Kajian Epidemiologi COVID-19 di Jawa Timur yang telah diselenggarakan pada akhir Mei 2020 lalu, BBTKLPP Surabaya kembali menggelar bincang-bincang terkait penanganan Covid-19 di Jawa Timur. Berbeda dengan format acara biasanya, kali ini publikasi diselenggarakan dengan format talk show dengan tema “Masa Transisi Percepat Adaptasi, New Normal Harapan dan Tantangan” pada Selasa (23/06).
Talk Show menghadirkan pembahas dari tim epidemiologi BBTKLPP Surabaya, Dr. Yudied Agung Mirasa, SKM, M.Kes, tim pakar Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Provinsi Jawa Timur dan Kepala Departemen Biostatistika FKM UA, Dr. dr. Windhu Purnomo, MS, dan Ketua Pengurus  Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Jawa Timur, Dr. Sandu Siyoto, S.Sos., SKM, M.Kes.
Pada kajian sebelumnya, BBTKLPP Surabaya memprediksi puncak pandemi di Jawa Timur pada angka 9400 dengan rata-rata 300 kasus setiap harinya. Hal ini akan terjadi pada akhir Juni 2020. Sementara itu, data kasus Covid-19 di Jawa Timur per d nggal 22 Juni 2020 telah mencapai 9.840 kasus. Angka tersebut melebihi proyeksi tim kajian. Menanggapi tersebut Dr. Windhu Purnomo menyatakan peningkatan kasus Covid-19 dipengaruhi masifnya pemeriksaan spesimen. Peningkatan kasus tidak boleh diikuti dengan angka kematian yang tinggi.  Sebab hal itu masih menunjukkan risiko penularan tinggi dan masih harus berada pada masa transisi.

Dr. Windhu menyatakan pentingnya peran kedisiplinan masyarakat pada penerapan protokol kesehatan dan kontrol pemerintah  dalam bentuk law enforcement bagi pelanggar aturan protokol kesehatan. New normal bisa berjalan baik jika infrastruktur dan regulasi telah tersedia. Peran organisasi profesi seperti IAKMI antara lain penguatan promotif, prefentif, kuratif, rehabilitatif dalam  mempercepat pemutusan rantai penularan Covid-19 di Jawa Timur.

(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapunan . Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.167.74
: Indonesia