Penanganan COVID-19, Upaya Bersama BBTKLPP Surabaya dan Jajaran Kesehatan
336

Penanganan COVID-19, Upaya Bersama BBTKLPP Surabaya dan Jajaran Kesehatan

Surabaya – Sebagai bagian dari solusi permasalahan kesehatan di wilayah layanan, BBTKLPP Surabaya turut berperan aktif dalam pengendalian penyakit infeksi saluran pernafasan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Bersama dengan jajaran kementerian kesehatan (direktorat, litbangkes, KKP, BLK) dan dinas kesehatan setempat, BBTKLPP Surabaya berperan dalam upaya pengendalian penyakit, pengujian spesimen COVID-19, serta menawarkan solusi melalui pengembangan produk teknologi tepat guna.  

Bantuan Cegah Tangkal di Pintu Masuk Negara

Dalam kerangka pengendalian penyakit, BBTKLPP Surabaya mendukung Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk melakukan cegah tangkal COVID-19 ke Indonesia melalui pengawasan ketat para penumpang penerbangan internasional yang masuk ke Indonesia dari negara yang telah konfirmasi positif COVID-19. Tugas ini dilakukan BBTKLPP Surabaya di Bandara Internasional Juanda – Surabaya dan I Gusti Ngurah Rai – Bali.        

Dukungan Alat dan SDM dalam Misi Kemanusiaan

Mengawali upaya pengendalian COVID-19, BBTKLPP Surabaya memberikan dukungan dengan mengirimkan bantuan alat sterilisasi yang dikirimkan langsung ke Pulau Natuna. Alat lalu dipindahkan ke Pulau Sebaru, Pulau Seribu,  untuk mendukung Operasi Bantuan Kemanusiaan Observasi WNI Terkait Wabah COVID-19. Selain alat, dukungan berupa pengiriman petugas untuk memastikan kesehatan 69 ABK Kapal Pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Pulau Sebaru. Petugas BBTKLPP Surabaya memastikan keamanan dan sanitasi makanan minuman bagi para ABK tersebut. 

Jaringan Laboratorium Pemeriksaan

Pada ranah pengujian spesimen, hasil rapat yang dipimpin Dirjen P2P, Dirjen Pelayanan Kesehatan, dan Kepala Litbangkes, BBTKLPP Surabaya ditetapkan sebagai salah satu Laboratorium Pengujian COVID-19 mendukung Laboratorium Litbangkes RI. BBTKLPP Surabaya bertanggungjawab dalam pengambilan spesimen Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan penelusuran kontak erat.  ODP merupakan orang dengan kriteria  demam atau riwayat demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak, kesulitan bernafas, riwayat bepergian ke Tiongkok atau negara terjangkit lainnya dalam kurun waktu 14 hari terakhir. Pengujian spesimen COVID-19 menggunakan Metode PCR dengan standar Litbangkes RI.

Selanjutnya, BBTKLPP Surabaya ditunjuk untuk menangani pengepakan dan pengiriman spesimen COVID-19 kriteria Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari RS Rujukan ke Laboratorium Balitbangkes RI. Adapun PDP adalah orang dalam pengawasan atau pasien yang menunjukkan gambaran pneumonia pada photo toraks, atau kontak erat dengan pasien konfirmasi COVID-19, atau bekerja/mengunjungi fasilitas kesehatan yang menangani COVID-19.  BBTKLPP Surabaya menerima konfirmasi laboratorium dari wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Pengujian spesimen ini masih tetap dalam koordinasi Laboratorium Balitbangkes RI sebagai Laboratorium Rujukan Nasional. Peran BBTKLPP Surabaya bersifat supportif dan tidak berwenang dalam mengeluarkan hasil laboratorium. Konfimasi kasus melalui satu pintu di laboratorium Balitbangkes RI. BBTKLPP Surabaya termasuk dalam jejaring laboratorium pemeriksaan COVID-19 sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.01.07/Menkes/182/2020.

 

Replikasi Kapasitas Petugas Pengambilan Sampel

Untuk memperkuat kemampuan petugas laboratorium dan tenaga kesehatan dalam pengambilan spesimen COVID-19. pada 5 Maret 2020, BBTKLPP Surabaya melakukan OJT pengambilan spesimen, pengepakan, dan pengiriman kepada para petugas laboratorium, dokter, perawat, dan analis di BBTKLPP Surabaya dan KKP Surabaya. Spesimen yang diambil berupa usap nasopharing dan oropharing pada suspect, serta sputum pasien. OJT dilakukan oleh dokter dan analis BBTKLPP Surabaya yang telah dilatih Balitbangkes RI sebelumnya.

Solusi Teknologi Tepat Guna dan Pemberdayaan Masyarakat

Adapun dalam hal pemberian solusi, BBTKLPP Surabaya mengembangkan beberapa produk teknologi tepat guna perilaku hidup bersih dan sehat. Produk TTG ini dalam bentuk sabun dengan bahan alami dan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Kedua jenis produk TTG tersebut mendukung pencegahan COVID-19 melalui kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan air mengalir (CTPS). Penyebarluasan penggunaan produk TTG ini telah dilakukan melalui pembinaan anggota pramuka penegak di pangkalan SBH BBTKLPP Surabaya dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Melalui penanganan yang baik dan upaya semua pihak, COVID-19 dapat disembuhkan dan dicegah melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat termasuk CTPS dan peningkatan daya tahan tubuh.  (Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Kehumasan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email humas@btklsby.go.id).

Web:www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.227.117
: Indonesia