SEBARKAN PERILAKU SEHAT, PANGKALAN SBH BBTKLPP DAN DKK SURABAYA KERJASAMA PEMBINAAN PRAMUKA
342

SURABAYA -  Untuk meningkatkan kecakapan khusus Pramuka Penegak di wilayah pangkalan Saka Bakti Husada BBTKLPP  Surabaya, pada 7 – 8 Maret 2020 diselenggarakan pembinaan pramuka pada siswa SMA bekerjasama dengan Pangkalan SBH Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Sebanyak 25 anggota pramuka dari beberapa sekolah menengah atas di Surabaya diberikan kecakapan khusus tentang pertolongan pertama pada kondisi darurat, pengendalian penyakit saluran pernafasan, dan solusi tepat guna pengendalian penyakit. Pada hari pertama, pembina dari Pangkalan BBTKLPP Surabaya memberikan kecakapan khusus tentang pengendalian penyakit TBC dan yang cukup mendapatkan perhatian adalah pengendalian penyakit Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pembinaan hari kedua dilanjutkan dengan pengenalan produk teknologi tepat guna (TTG) BBTKLPP Surabaya. Pengenalan antara lain TTG Pengendalian Vektor, TTG Penyehatan Air, TTG Penyehatan Makanan, dan TTG Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Untuk menghadapi penyakit infeksi yang sedang berkembang, secara khusus anggota pramuka binaan diajari cara pembuatan TTG Perilaku Hidup Bersih dan Sehat berupa Hand Sanitizer dari bahan alkohol dengan aroma aloevera.  Selain itu juga diajari cara pembuatan lilin serai untuk menghalau nyamuk DBD dengan komposisi efektif serai 40%.

Melalui pembinaan yang intensif, diharapkan para anggota pramuka dapat menjadi kader perubahan dan kader kesehatan untuk pengendalian penyakit saluran pernafasan, membantu menyebaran informasi yang benar terkait penyakit, dan memiliki keterampilan khusus pembuatan produk untuk menjaga hidup bersih dan sehat serta pengendalian vektor penyakit. Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia