INVESTIGASI KEJADIAN KHUSUS “INDIKASI PENCEMARAN SUNGAI” DI DESA SUMPUT KABUPATEN SIDOARJO - JAWA TIMUR
11

Sidoarjo - Pada 18 Januari 2020, penduduk sepanjang aliran Sungai Sumput Sidoarjo dikejutkan dengan munculnya tumpukan busa di permukaan air. Sebagai respon atas peristiwa yang diduga mengarah pada indikasi pencemaran lingkungan tersebut, BBTKLPP Surabaya menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut. TRC diturunkan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, DLHK Sidoarjo, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarj. Tim gabungan melakukan penyelidikan pada Minggu, 19 Januari 2020.
Fenomena ini mendapatkan perhatian pemerintah daerah setempat. Terbukti Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin ikut secara langsung saat tim gabungan melakukan penyelidikan di Sungai Sumput.

Tim gabungan melakukan pengumpulan data lapangan melalui wawancara penduduk setempat dan pengambilan sampel air badan air serta sampel air bersih dari sumur penduduki. Tujuannya untuk mengetahui jenis parameter yang diduga mencemari sungai dan mengkaji potensi dampak pencemaran pada pada masyarakat / biota sekitar.

Menurut kesaksian warga sekitar, busa muncul di DAM Desa Sumput sekitar Sabtu (18/1) pagi dan semakin meluas. Sebelumnya busa juga tampak di DAM Mojo Urang pada Kamis mlam (16/1). Saat dilakukan penyelidikan busa tak tampak, hanya tercium bau yang kurang sedap. Tidak tampak adanya kematian ikan. Sungai Sumput hanya dimafaatkan untuk irigasi dan budidaya ikan. Saat pemeriksaan lapangan ditemukan ada air badan air yang tidak memenuhi baku oksigen terlarut menurut PP No. 82 Tahun 2001, sedangkan semua air sumur warga memenuhi batas syarat tingkat keasaman dan suhu sesuai Permenkes RI No. 416 Tahun 1990.
Sampai saat ini pengujian laboratorium masih terus dilakukan. Kesimpulan akhir sumber dan parameter pencemaran akan digabungkan dengan hasil kajian dari dinas lingkungan hidup dan dinas kesehatan setempat. Untuk selanjutnya sebagai bahan advokasi kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Ditjen P2P. Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.204.183.113
: Indonesia