PHBS Cegah Penyebaran Hepatitis A di Pondok Pesantren Bangkalan
26

Bangkalan – Pasca kejadian luar biasa Hepatitis A di salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Bangkalan, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M.Kes melakukan kunjungan kerja pada Jumat (03/01). Kunjungan tersebut  untuk melihat kemajuan penanganan KLB yang menyerang tak kurang dari 200 santri.

Dirjen P2P berpesan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan pondok, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta menghindari penggunaan peralatan makanan dan bersih diri secara bergantian.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen P2P menyerahkan logistik pencegahan penyebaran Hepatitis. Logistik berupa sanitasi kit, produk pengembangan TTG dari BBTKLPP Surabaya berupa cairan pembersih lantai dari bahan alami, dan chlorine difusser.

Kasus Hepatitis A di pondok pesantren tersebut dilaporkan setelah adanya peningkatan kasus sejumlah 322 kasus per tanggal 26 Desember 2019 dengan CFR 0 %. Jumlah kasus di pondok putra dilaporkan sebanyak 6,8 % populasi, sedangkan di pondok putri sebesar 9 %. Tim gabungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, puskesmas setempat, dan BBTKLPP Surabaya telah diterjunkan untuk melakukan penyelidikan epidemiologi gna mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut di pondok pesantren yang memiliki santri sebanyak 4300 orang tersebut.                                   

Penyakit Hepatitis A atau sering disebut penyakit kuning merupakan penyakit akut yang disebabkan virus hepatitis tipe A. Virus ini dapat disebarkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi tinja penderita.

Penanggulangan penularan penyakit Hepatitis A melalui istirahat yang cukup bagi penderita, cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, penggunaan kaporit pada sumber air, penggunaan jamban sehat, membersihkan kamar mandi dengan cairan antiseptik, penderita tidak menjadi penjamah makanan baik memilih memasak dan menyajikan, tidak bergantian peralatan makanan, serta mencuci semua alat makan dan masak dengan sabun dan air mengalir. Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.204.183.113
: Indonesia