On The Job Training Surveilans Resistensi Obat Kusta
41

Pamekasan – Upaya eliminasi Kusta di Indonesia dibayang-bayangi kegagalan pengobatan akibat resistensi bakteri Mycobacterium leprae pada Multi Drug Theraphy (MDT). MDT dinilai mampu menurunkan kasus kusta secara signifikan, namun data catatan medis di Divisi Morbus Hansen URJ Kesehatan Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Soetomo Surabaya di akhir tahun 2012, terdapat 30 pasien URJ masih memiliki IB positif walaupun telah menyelesaikan pengobatan MDT WHO 12 regimen. Hasil penelitian Gayatri et al (2014) mendapakan 13 pasien kusta (86,7%) yang telah mendapat MDT MB – WHO selama 12 bulan, masih ditemukan kuman M. leprae masih viable atau masih infeksius. Untuk mengevaluasi keberhasilan pengobatan Kusta di Indonesia, BBTKLPP Surabaya melakukan surveilans resistensi obat kusta di wilayah layanannya.

Salah satu langkah awal adalah dengan mengumpulkan data resistensi obat Kusta melalui upaya pemberdayaan petugas Puskesmas. Untuk itu, pada 17 Oktober 2019 diselenggarakan On the Job Training Surveilans Resistensi Obat Kusta bagi pengelola program dan laboratorium Puskesmas dan RS di Kabupaten Pamekasan. Bertempat di RSU Muhammad Noer, 22 peserta dari 10 puskemas mendapatkan orientasi pelaksanaan Intensif Case Finding (ICF) Kusta, Skin Smear, dan Resistensi Obat Kusta.  Para peserta dilatih cara pengambilan bubur jaringan melalui skin smear, cara pemeriksaan,  kriteria responden, dan penambahan wawasan tentang surveilans resistensi obat kusta menggunakan PCR.

Para pengelola program kusta Puskesmas dan petugas laboratorium menjadi garda depan pada penemuan aktif penderita kusta di masyarakat serta membantu dalam surveilans resistensi obat kusta. Pada kesempatan yang sama, BBTKLPP Surabaya menyerahkan logistik untuk pemeriksaan resistensi kusta untuk setiap puskesmas.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan BBTKLPP Surabaya. Kegiatan ICF Dinkes Prov Jatim sudah memasuki tahun kelima. Jika sebelumnya hanya dilakukan di 6 Puskesmas, bersama dengan BBTKLPP Surabaya kegiatan dilakukan di 10 Puskesmas. Kegiatan surveilans resistensi obat kusta di Indonesia melibatkan 3 BBTKLPP, yaitu Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta. Tujuannya untuk memberikan masukan untuk evaluasi kebijakan pengobatan kusta di Indonesia.

Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.94.200.93
: Indonesia