PERAN SERTA BBTKLPP SURABAYA DALAM PENCANANGAN BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH DI KABUPATEN MALAKA – NTT
36

PERAN SERTA BBTKLPP SURABAYA DALAM PENCANANGAN BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH

DI KABUPATEN MALAKA – NTT

 

MALAKA – Tahun 2019 menjadi tahun kelima pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) di daerah endemis penyakit kaki gajah (Filariasis). POPM Filariasis mencakup setiap orang yang berusia 2 tahun sampai 70 tahun. Obat yang diberikan adalah DEC (Diethyl Carbamazepin) dan Albendazol. Meskipun telah memasuki tahun terakhir POPM, evaluasi terhadap daerah yang telah menerima Sertifikat Elimiansi Kaki Gajah tetap dilaksanakan. Tahun ini, Bulan Eliminasi Kaki Gajah diperingati di Lapangan Betun, Kabupaten  Malaka Provinsi NTT pada 4 Oktober 2019. Peringatan tahun ini mengangkat tema Keluarga Indonesia Bebas Kaki Gajah melibatkan lebih dari 2000 anak sekolah SD, SMP dan SMA serta 2500 masyarakat umum. Kegiatan diintegrasikan dengan program pengendalian Malaria dan dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan.  Turut hadir  Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan RI, Bupati Malaka, seluruh Kepala Dinas Kesehatan se- propinsi NTT serta seluruh Puskesmas di kab. Malaka.

                Sebelum puncak peringatan BELKAGA, BBTKKLPP Surabaya berpartisipasi melalui program pemberdayaan masyarakat pada 30 September – 3 Oktober 2019. Hal ini terkait dengan permintaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur perihal permohonan dukungan kegiatan yaitu pengendalian penyakit filariasis dan kecacingan, capaian eliminasi malaria, dan implementasi TTG pengendalian vektor nyamuk. Tim Entomogi dan TTG BBTKLPP Surabaya memberikan pendampingan pembuatan TTG Larvatrap kepada kader Puskesmas Alkani di kecamatan Wewiku.  Sejumlah 23 kader mendapatkan pengetahuan pemanfaatan botol minuman air mineral bekas untuk dijadikan Larvatrap. Selain itu para kader juga mendapatkan penegtahuan identifikasi nyamuk, perilaku, dan perindukannya.

Selain itu, juga dilakukan pendampingan berupa on the job training pemeriksaan Filariasis di Puskesmas Betun. Petugas dari 20 Puskesmas di Kabupaten Malaka mempelajari cara pengambilan sampel, pewarnaan sediaan darah, pemeriksaan dan identifikasi menggunakan mikroskop.  

Pada puncak acara, BBTKLPP Surabaya terlibat dalam pameran produk teknologi tepat guna pencegahan dan pengendalian penyakit. Produk TTG yang ditampilkan antara lain handsanitizer sirih, lilin serai, lilin mimba, lotion serai, lotion mimba, rapid test borak dan formalin, serta unjuk kerja dari kader yang mereka latih sebelumnya.

Menteri Kesehatan berkesempatan mengunjungi stand pameran BBTKLPP Surabaya bersama dengan Bupati Malaka dan Dirjen P2P mengapresiasi produk TTG yang ditampilka. Menteri Kesehatan mendorong inovasi, khususnya lotion serai anti nyamuk untuk didorong sampai memperoleh Hak Paten. Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.94.200.93
: Indonesia