Verifikasi Rumor Peningkatan Kasus Hepatitis A di Kabupaten Pacitan
6

Pacitan – Pada 29 Mei 2019, Puskesmas Sudimoro Kabupaten Trenggalek melaporkan peningkatan kasus Suspek Hepatitis A yang terus berlanjut sampai tanggal 21 Juni 2019. Penyebaran dan peningkatan kasus terjadi di lima (5) wilayah Puskesmas mencapai total 243 suspek. Tim BBTKLPP Surabaya bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek melakukan respon cepat dan investigasi pada laporan peningkatan kasus Hepatitis A tersebut. Kelima PKM tersebut berada dalam satu kelompok yang berdekatan dan berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek. Meskipun begitu tidak ada laporan kejadian Hepatitis A di Kabupaten Trenggalek.

Pemeriksaan RDT HAV IgM pada sampel yang diperiksa menunjukkan reaktif atau hepatitis positif. Adapun hasil penyelidikan epidemiologi mensinyalir faktor determinan yang menjadi sumber penularan penyakit fecal oral ini dapat berasal dari air bersih mengingat sumber air pada empat desa sama, dan penggunaan tanki air untuk daerah sulit. Sumber penularan juga bisa lewat makanan / minuman mengingat banyaknya hajatan dan Idul Fitri, selain juga dapat berasal dari kasus karier Hepatitis-A yang mendapat rawat jalan alih-alih rawat inap untuk penyakit yang dideritanya.

Saat ini Bupati Kabupaten Pacitan telah menetapkan status KLB Hepatitis A pada 25 Juni 2019.KLB Hepatitis A menyebar di 9 (sembilan) wilayah kerja Puskesmas: Sudimoro, Sukorejo, Ngadirojo, Wonokarto, Tulakan, Bubakan, Tegalombo, Arjosari dan Ketrowonojoyo. Oleh karena itu dilakukan upaya-upaya respon cepat dan penanggulangan KLB Hepatitis A yaitu Penyuluhan PHBS di masyarakat dan pemberian khlorinasi di sumber air dan sumur.  Mata rantai penularan diputus dengan perawatan pada kasus di rawat inap di puskesmas dan fasyankes guna isolasi kasus agar tidak menjadi sumber penularan, penyediaan air minum yang sehat, peningkatan hiegine personal khususnya pada penjamah makanan, dan peningkatan komunikasi informasi dan edukasi melalui pelibatan lintas sektor termasuk Kepala Desa dan Camat.

 Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.92.28.84
: Indonesia