Jembatani Bisnis dan Kesehatan, BBTKLPP Surabaya Gelar Pertemuan Lintas Sektoral Pembinaan dan Pengawasan DAMIU
115

Malang – Menindaklanjuti kegiatan faktor risiko penyakit bawaan air pada Depo Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Malang, diselenggarakan Pertemuan Lintas Sektor Pembinaan dan Pengawasan Depot Air Minum (DAMIU) pada 9 April 2019. Pertemuan mengundang Depot Air Minum, sanitarian puskesmas, asosiasi pengusaha depot air minum (ASPADA), dan dinas perindustrian dan perdagangan.  Pertemuan ini sebagai upaya pembinaan pada DAMIU untuk menjaga kualitas air minum isi ulang dengan rutin memeriksakan kualitas air isi ulangnya ke laboratorium yang direkomendasikan pemerintah kabupaten setempat. Dinas Perindustrian dan perdagangan melalui paparannya mengharapkan secara bertahap DAMIU mulai mengurus izin usahanya. Dinas perindustrian dan perdagangan secara khusus mengapresiasi upaya BBTKLPP Surabaya untuk menjembatani pertemuan ini, sehingga dapat menjadi forum komunikasi perizinan terkait industri DAMIU.

Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, para pengusaha DAMIU diwakili ASPADA, dan BBTKLPP Surabaya menyepakati empat poin yaitu sepakat untuk menjaga kualitas air minum isi ulang melalui pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan secara berkala, dinas kesehatan akan melakukan pembinaan dan pengawasan secara periodik kepada DAMIU dan mempublikasikan hasil pengawasannya. Publikasi  ini sebagai upaya pemicu para pengusaha memperbaiki kualitas air minum serta melindungi kesehatan masyarakat.           Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan sosialisasi dan pembinaan mengenai perijinan usaha secara terus, serta  ASPADA melakukan sosialisasi kepada anggotanya mengenai perijinan usaha dan kualitas air minum. Pertemuan lintas sektoral serupa akan diselenggarakan di Kabuaten Bondowoso dan Trenggalek.

Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id.

Web: www.btklsby.go.id

IG: btklsby

FB: btklsby

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 18.207.136.184
: Indonesia