PERKUAT PEMERIKSAAN LANJUTAN COVID-19, KOORDINASI DENGAN ITD UNIVERSITAS AIRLANGGA
69

PERKUAT PEMERIKSAAN LANJUTAN COVID-19, KOORDINASI DENGAN ITD UNIVERSITAS AIRLANGGA

Surabaya – Penguatan pemeriksaan COVID-19 pada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) melalui Bandar Udara Internasional Juanda terus dilakukan. Terbaru, BBTKLPP Surabaya dan Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga saling memperkuat peran masing-masing dalam pemeriksaan lanjutan COVID-19. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BBTKLPP Surabaya dan ITD Universitas Airlangga mendapatkan tugas dalam pemeriksaan lanjutan PCR berupa pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF) dan Whole Genome Sequencing (WGS) pada spesimen positif PCR. BBTKLPP Surabaya berperan dalam penentuan spesimen probable varian of concern baik Delta maupun Omicron dengan pemeriksaan SGTF sebelum dikirimkan untuk pemeriksaan WGS di ITD Universitas Airlangga.

Untuk itu kedua pihak menyepakati hal terkait pengiriman spesimen WGS, waktu pemeriksaan sampai dengan penerbitan hasil, dan peaporan hasil. Penyamaan persepsi dan langkah mulai dari metode pemeriksaan, pengiriman spesimen mulai dari bandara sampai ITD, kecepatan pengeluaran hasil perlu dilakukan sehingga menjamin kualitas pemeriksaan laboratorium. Pertemuan juga menyepakati pelaporan satu pintu di BBTKLPP Surabaya untuk dilanjutkan ke Satgas COVID-19.

Setelah koordinasi, tim BBTKLPP Surabaya menuju Laboratorium Kontainer di Bandara Juanda dan Mobile PCR RS Bhayangkara. Tim bertemu dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Persatuan Dokter Mikrobiologi Klinik, Persatuan Dokter Patologi Klinik, Kesdam V Brawijaya, dan pihak laboratorium pemeriksa yang ditunjuk. Pertemuan untuk memastikan kesiapan laboratorium yang ditunjuk dalam pemeriksaan entry dan exit test PPLN.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia