PERKUAT PEMERIKSAAN COVID-19 DI PERBATASAN NEGARA
154

PERKUAT PEMERIKSAAN COVID-19 DI PERBATASAN NEGARA

Atambua – Mendukung penguatan laboratorium pemeriksaan COVID-19 di perbatasan negara, pada 09 – 13 November 2011, tim pengembangan Laboratorium kembali mengunjungi Kabupaten Belu. Diawali dengan perawatan mobile laboratorium bergerak surveilans serta Pelatihan Tataksana dan Pemeriksaan PCR di Laboratorium ASA Kota Kupang sebelum melanjutkan kegiatan di Kabupaten di perbatasan Republik Demokrasi Timor Leste tersebut.

Pendampingan pemeriksaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan pelintas batas negara bersama KKP Kelas III Kupang di PLBN Mota’ain. Pos lintas batas negara tersebut akan dilengkapi laboratorium pemeriksaan COVID-19 menggunakan tes cepat molekular (TCM). Untuk itu petugas KKP Kelas III Kupang Wilker Mota’ain dibekali keterampilan pengambilan swab dan pemeriksaan menggunakan TCM.

Tim juga melakukan pendampingan pada rencana Laboratorium Pemeriksaan COVID-19 metode PCR di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua. Kegiatan ini menjadi tindak lanjut komitmen BBTKLPP Surabaya membantu pengembangan laboratorium bersama Bupati Belu April lalu. Baik Laboratorium TCM KKP Kelas III Wilker PLBN Mota’ain dan Laboratorium BSL-2 RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua tak lama lagi dapat dimanfaatkan. Saat ini kemajuan pembangunan Laboratorium BSL-2 yang berada di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua telah mencapai 95 persen. Adapun Laboratorium TCM menunggu pemenuhan akun New All Record (NAR), penyediaan bahan habis pakai, dan kelengkapan mesin pendingin.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia