SEKJEN KEMENKES APRESIASI PRODUK INOVASI BBTKLPP SURABAYA
172

SEKJEN KEMENKES APRESIASI PRODUK INOVASI BBTKLPP SURABAYA

Yogyakarta – Dalam upaya promosi dan publikasi inovasi yang dihasilkan, BBTKLPP Surabaya berpartisipasi dalam pameran pada Semiloka Nasional Penguatan Perencanaan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Pasca Pandemi COVID-19 di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta pada 2 – 4 November 2021.

Pada pameran yang diinisiasi oleh Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES) tersebut, BBTKLPP Surabaya menampilkan produk inivasi teknologi tepat guna pencegahan dan pengendalian penyakit. Produk inovasi yang dipamerkan antara lain Portable Chlorinator. TTG Peningkatan Kualitas Air melalui desinfeksi metode klorinasi ini telah diimplementasikan di berbagai desa di wilayah layanan, antara lain Buleleng, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Tulungagung. Bahkan telah dilirik secara nasional setelah mendapatkan peringkat I pada proyek perubahan organisasi transformatif pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XIV tahun 2021. Saat ini tengah proses pengajuan paten kepada Dirjen HAKI, Kemeneterian Hukum dan HAM.

Produk lain yang ditampilkan adalah TTG yang telah memperoleh paten yaitu Penyaring Udara Personal, Alat Pengendali Nyamuk Aedes Aegypti, Pemeriksaan Cepat (RDT) Nitrit pada air, dan Alat Pengendali Pinjal.

Pameran produk inovasi BBTKLPP Surabaya mendapatkan perhatian dan dikunjungi langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E, M.A., Ph.D, didampingi Ketua Umum Pengurus Pusat ADINKES, dr. Muhamad Subuh, MPPM. Bapak Sekjen menyampaikan apresiasi pada karya TTG BBTKLPP Surabaya. Sekjen menyarankan supaya pengembangannya dapat bermitra dengan pihak ketiga dan membuka peluang untuk dikomersialkan.

Turut menyambangi pameran BBTKLPP Surabaya, Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Kepala BTKLPP Kelas I Batam, dan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.91.92.194
: Indonesia