WORKSHOP VULNERABILITY ASSESSMENT DI SEKTOR KESEHATAN
101

WORKSHOP VULNERABILITY ASSESSMENT DI SEKTOR KESEHATAN

Yogyakarta - Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat meningkatkan pula ancaman terhadap keamanan informasi. Diperlukan tata kelola, strategi, dan cara untuk mengamankan informasi, baik sistem maupun perangkat dari gangguan pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan penggunaan teknologi informasi komunikasi bagi pengelola sistem dan teknologi informasi di lingkungan Kementerian Kesehatan dilaksanakan Workhshop Vulnerability Assessment di Sektor Kesehatan pada 23 – 25 September 2021 di Yogyakarta.

Vulnerability Assessment adalah kerentanan atau celah di dalam sistem keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak memilik wewenang akses untuk masuk dan mengambil alih sistem. Vulnerability atau bug terjadi saat developer melakukan kesalahan logika koding. Bug juga bisa terjadi ketika salah ataupun tidak sempurna menerapkan validasi.

Peserta workhshop dibekali pengetahuan tidak hanya teori namun juga langsung praktik penerapan penilaian risiko vulnerability sistem. Materi yang diperoleh Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, Roadmad dan Tata Kelola Perlindungan Data Pribadi dan Keamanan Siber Sektor Kesehatan, Pengamanan Informasi, Data Pribadi dan Aplikasi, Digital Forensik dalam Insiden Siber, Pengenalan dan Pencegahan Sosial Enginering, Tata Kelola Keamanan Informasi dan Pengenalan ITSA BSSN, serta Praktek Penilaian Sistem Informasi untuk menilai Vulnerability System/Aplikasi.

Setelah workshop ini diharapkan dapat menerapkan penilaian vulnerabilitas syistem informasi sehingga dapat mencegah dan mengendalikan gangguan maupun ancaman siber yang berpotensi menganggu informasi.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.204.31
: Indonesia