BAHAS INOVASI, PERKUAT PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TULAR VEKTOR DAN ZOONOSIS
93

Surabaya – BBTKLPP Surabaya mendapat kunjungan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor (P2PTVZ), Drh. Didik Budijanto, M.Kespada Senin (20/09). Kunjungan saling bertukar inspirasi terobosan program dan penguatan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tular vektor dan zoonosis. Salah satu kiprah P2PTVZ adalah implementasi pemanfaatan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat. Beberapa yang dapat menjadi inspirasi diantaranya telemedicine di era pandemi dan aplikasi pedulilindungi yang terintegrasi.
Termasuk membahas tentang terobosan pengendalian vektor dengan menciptakan spesies Aedes aegypti mandul menggunakan bakteri sebagaimana dikembangkan peneliti dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Termasuk penyusunan Peraturan Menteri Kesehatan menggunakan metode-metode baru dan pelibatan stakeholder dalam format Regulatory Sand Box, sebagaimana pernah dilakukan dalam penyusunan Permenkes terkait Malaria.
Kepala BBTKLPP Surabaya antusias dengan inspirasi yang disampaikan Direktur P2PTVZ tersebut. Konsep utama inovasi menurut Kepala BBTKLPP Surabaya adalah nilai-nilai baru yang muncul dan dirasakan manfaatnya, dengan tidak mengganggu program yang telah berjalan dengan baik sebelumnya.

Kontributor     : Fransisca Putri Intan
Editor        : Ratna Ayu  

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.204.31
: Indonesia