SINERGI : PENANDATANGAN MOU PENINGKATAN PENYEDIAAN AIR BERKUALITAS TINGKAT DESA DI JAWA TIMUR
138

Surabaya - Dalam rangka Peningkatan Kualitas Penyediaan Air Minum di Tingkat Desa Melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG), dilakukan penandatanganan kerja bersama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur dengan BBTKLPP Surabaya pada Senin (06/09). Acara bertempat di Ruang Amartha DPMD Provinsi Jawa Timur. Penandatangan disaksiskan oleh para undangan yang berasal dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Provincial Coordinator Regional Oversight Management Services (ROMS) – Program Pamsimas III Provinsi Jawa Timur.

Pada sambutannya setelah penandatangann kerja bersama, Kepala BBTKLPP Surabaya, Dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, MH menekankan pentingnya air untuk memenuhi persyaratan kualitas fisika, kimia, dan bebas dari bakteri penyebab penyakit. Kepala BBTKLPP Surabaya menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan penuh integritas, melalui fasilitasi, pendampingan, bimbingan teknis, dan pelatihan kepada pengelola penyedia air minum di desa. Sehingga  sinergitas yang dibangun antara dua antar instansi dapat diserasikan untuk menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur, Soekaryo, SH, MM menyampaikan fakta bahwa masih ada beberapa penyediaan air minum di tingkat desa yang belum memenuhi syarat mikrobiologi. Air masih tercemar coliform dan bakteri E. coli  melebihi batas standar yang telah ditetapkan. Kondisi ini perlu ditangani dengan baik sehingga memastikan masyarakt desa mendapatkan air yang berkualitas.

Rangkaian sinergitas program kerja bersama ini terdiri atas tiga kegiatan, yakni Lokakarya Penyediaan Air Minum di Tingkat Desa dengan peserta 28 kabupaten, Belajar Berinovasi di Desa (BELANOVA) yang dilaksanakan sampling di lima desa di lima kabupaten, serta Bimbingan Teknis Pemanfaatan TTG dalam Upaya Peningkatan Kualitas Air Minum yang dilaksanakan sebanyak dua kali di empat kabupaten. Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pemanfaatan TTG sehingga menjamin kualitas penyediaan air minum ayak untuk dikonsumsi oleh masyarakat desa. Jika target pemenuhan air bersih di Jawa Timur dapat tercapai dalam waktu dekat, tidak menutup kemungkinan bahwa Jawa Timur akan menjadi pilot project untuk provinsi lainnya.
Acara ditutup dengan pemutaran video liputan penerapan dan teknik pembuatan TTG Portable Chlorinator di Kabupaten Tulungagung oleh BBTLKPP Surabaya.

Kontributor     : Fransisca Putri Intan
Editor         : Ratna Ayu

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.204.31
: Indonesia