BINA 35 LABORATORIUM COVID-19 DI JAWA TIMUR, DORONG KEPATUHAN PELAPORAN
50

Jumat, 16 Juli 2021
Surabaya – Menjalankan amanah sebagai laboratorium pemeriksaan COVID-19 sekaligus pembina di Jawa Timur sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4642/2021, pada 11 Mei 2020,  BBTKLPP Surabaya menyelenggarakan Rapat Konsolidasi bersama 35 laboratorium di bawah binaannya. Rapat konsolidasi diselenggarakan secara daring dengan dipimpin oleh Kepala didampingi para Ketua Laboratorium COVID-19 BBTKLPP Surabaya.
Laboratorium pemeriksa didorong untuk melaporkan hasil pemeriksaan PCR COVID-19 secara tertib melalui aplikasi All Record TC-19 (NAR) dan Gform atau WAG Jejaring. Semua laboratorium yang masuk ke dalam jejaring laboratorium pemeriksaan COVID-19 wajib melaporkan hasil melalui dua kanal aplikasi tersebut dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. Kepatuhan pelaporan ini penting, sebab informasi pemeriksaan menjadi rekapitulasi angka nasional, penguatan testing tracing dan treatmen, serta dimanfaatkan untuk keperluan pengendalian COVID-19 lainnya.
Kepala menjamin kesiapan BBTKLPP Surabaya untuk terus mendampingi laboratorum pemeriksaan COVID-19 secara berkelanjutan. Untuk itu telah disiapkan dua google form yang bersifat pembinaan umum dan harian. Google form dirancang untuk memudahkan laboratorium-laboratorium di bawah binaan BBTKLPP Surabaya dalam menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi. BBTKLPP Surabaya juga dengan mudah memberikan saran dan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Hasil isian dijadikan bahan laporan untuk diteruskan ke pusat.
Pada kesempatan yang sama juga telah dibuat WAG Laboratorium Binaan BBTKLPP Surabaya. WAG sebagai ruang diskusi terbuka dan memudahkan proses komunikasi, penyampaian hambatan dan kendala, serta pemberian solusi.
KMK Nomor HK.01.07/MENKES/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tertanggal 11 Mei 2021 menyebutkan terdapat 742 laboratorium dalam jejaring di seluruh Indonesia. Setiap provinsi telah ditunjuk masing-masing laboratorium pembina yang akan membantu Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan sebagai Laboratorium Rujukan Nasional. Adapun BBTKLPP Surabaya ditunjuk sebagai Laboratorium Pembina Provinsi Jawa Timur bersama dengan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Surabaya. Adapun lingkup dan pembagian pembinaan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Di Jawa Timur terdapat 86 laboratorium pemeriksaan COVID-19. BBTKLPP Surabaya mendapat tugas membina 35 laboratorium yang tersebar di 18 Kabupaten/Kota.
Kontributor     : Maidy Dwi Amorzy
Editor         : Ratna Ayu

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.227.117
: Indonesia