ANDIL BBTKLPP SURABAYA DALAM PERSIAPAN ELIMINASI MALARIA DI ROTE NDAO NTT
136

Rabu, 16 Juni 2021
Rote Ndao - Sebagai bentuk penguatan daerah pada pencegahan dan pengendalian penyakit, pada 8 - 12 Juni 2021, Tim BBTKLPP Surabaya melalui substansi Pengembangan Teknologi Laboratorium ikut aktif dalam persiapan Kabupaten Rote Ndao menuju eliminasi Malaria. Keterlibatan ini dalam bentuk Pemetaan Reseptifitas Daerah Malaria.
Kegiatan bertujuan untuk menghasilkan peta reseptifitas daerah Malaria. Peta ini menjadi salah satu gambaran kondisi malaria di Rote Ndao yang menjadi salah satu dokumen pendukung dalam rangka persiapan eliminasi Malaria di Kabupaten Rote Ndao tahun 2021. Kegiatn didukung penuh dan bekerja sama  dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Poltekkes Kemenkes Kupang. Kegiatan juga melibatkan sanitarian dan pengelola Malaria daerah setempat.
Pemetaan reseptifitas daerah Malaria dilakukan melalui Survei Jentik nyamuk Anopheles. Survei jentik dilaksanakan di dua wilayah Puskesmas,  yakni Puskesmas Feopopi dan Puskesmas Oele. Masing-masing puskesmas diambil 2 (dua) desa/kelurahan sebagai lokasi survei yaitu Kelurahan Onatali dan Desa Siomeda di wilayah kerja Puskesmas Feopopi serta Desa Tebole dan Desa Inaoe di wilayah Puskesmas Oele. Kedua lokasi ini diduga terdapat perindukan nyamuk Malaria.
Selain itu, kegiatan bertujuan untuk mengetahui keberadaan habitat nyamuk Anopheles, jenis habitat, kepadatan jentik, menentukan titik koordinat habitat jentik anopheles. Tak lupa meningkatkan kapasitas petugas Puskesmas dalam membedakan jentik anopheles dan jentik nyamuk lainnya. Aerta meningkatkan kemampuan petugas Puskesmas dan petugas Dinkes Kabupaten Rote Ndao dalam membuat peta Reseptifitas Malaria.
Kontributor     : Widi Hartatiek
Editor        : Lestyawan Satotto

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.227.117
: Indonesia