KOLABORASI MENJAGA STATUS PROVINSI BEBAS MALARIA
143

Surabaya – Pencegahan dan Pengendalian Penyakit merupakan kerja sinergi. Ungkapan tersebut kembali dibuktikan dengan kolaborasi antara Ditjen P2P, Substansi Malaria Dit P2PTVZ, BBTKLPP Surabaya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur, Puskemas, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Jawa Timur pada upaya menjaga status daerah bebas Malaria di Jawa Timur.
Untuk menjaga status bebas Malaria tersebut, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang dipilih dalam Verifikasi Eliminasi Malaria Regional Jawa Bali.  Verifikasi dilakukan oleh WHO. BBTKLPP Surabaya terlibat aktif mulai dari persiapan pelaksanannya.
Pada Kamis (27/05) BBTKLPP Surabaya menjadi narasumber pada Sosialiasasi Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Malaria tingkat Provinsi. Peserta sosialisasi virtual tersebut merupakan seluruh kepala seksi P2PM, pengelola malaria di dinas Kesehatan dan Puskesmas di Jawa Timur, termasuk penanggungjawab departemen yang membidangi kesehatan mahasiwa, serta KKP Kelas I Surabaya dan KKP Kelas II Probolinggo.
Narasumber dari BBTKLPP Surabaya, Avia Putriati Martha, menyampaikan materi pemetaan reseptifitas di wilayah desa atau puskesmas di Jawa Timur. Adapun narasumber lain berasal dari Substansi Malaria Direktorat P2PTVZ Ditjen P2P, Kepala Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Negara RI  Daerah Jawa Timur., dan pengelola program malaria Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
Selanjutnya upaya menjaga status daerah bebas malaria di Jawa Timur diselenggarakan melalui surveilans migrasi dan survei vektor malaria, pemetaan wilayah vulnerable serta pemetaan daerah reseptif. BBTKLPP Surabaya melakukan penguatan pada pemetaan reseptifitas di beberapa kabupaten di Jawa Timur. Pemetaan daerah reseptifitas di Kabupaten Malang, Trenggalek, Banyuwangi, Jombang, Bojonegoro, dan madiun dimulai pada awal Juni
Kontributor     : Widi Hartatiek
Editor         : Ratna Ayu

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia