BUPATI BELU TARGETKAN PUNYA LABORATORIUM COVID DALAM SATU BULAN
172

Atambua – Bupati terpilih Kabupaten Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp. PD., KG-EH, Finasim targetkan dalam satu bulan daerah yang dipimpinnya telah memiliki Laboratorium Pemeriksaan COVID-19 yang handal. Hal tersebut mengemuka saat kunjungannya ke RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua pada Rabu (28/04).
Harapan itu setelah Bupati mendapat masukan tentang kondisi riil di wilayahnya yang belum memiliki kemampuan pemeriksaan laboratorium COVID-19, padahal jumlah kasus terus merangkak naik dan wilayahnya menjadi perlintasan para pelaku perjalanan internasional dari dan ke Republik Demokratik Timor Leste.  
Untuk mendukung target tersebut, BBTKLPP Surabaya siap memberikan berbagai bentuk penguatan. Kepala BBTKLPP Surabaya, dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, MH menyatakan kesiapannya saat diundang pada rapat perdana Sang Bupati di Kantor Bupati Belu pada pagi harinya. Penguatan itu berupa On the Job Training pemeriksaan COVID-19 metode TCM, RT-PCR, dan pelaporan aplikasi jejaring laboratorium nasional, New All Record; bimbingan teknis pengelolaan laboratorium BSL 2 di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, fasilitasi pengajuan logistic, reagen, dan bahan habis pakai ke Balitbangkes, dan menyerahkan bantuan swab dacron, cartridge TCM sebanyak 120 test, dan paket APD lengkap.
Bupati meminta BBTKLPP Surabaya untuk mendampingi pengembangan laboratorium di Kabupaten Belu sampai tuntas. Rapat perdana pasca pelantikan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, dan Kepala KKP Kupang semua bersama jajarannya. Pada kesempatan yang sama juga dibahas terkait kesiapan kedatangan Pekerja Migran Indonesia, Pekerja Migran Asing, dan Pelaku Perjalanan Internasional lainnya. Termasuk upaya penguatan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Belu dan persiapan wisma karantina bersama dengan KKP Kupang.
Disampaikan pula rencana jangka pendek dan jangka panjang penanganan pemeriksaan COVID-19 dan penerimaan pejalan internasional. Dalam jangka pendek pemeriksaan menggunakan TCM GenExpert di RSUD dan bisa juga memanfaatkan Mobile Laboratorium PCR milik BBTKLPP Surabaya di RSJ Naimata Kupang. Penyelesaian hasil dalam satu – dua  hari, tergantung pada pengiriman spesimen dari daerah. Dalam jangka panjang akan dibangun Laboratorium standar BSL 2 yang dapat melayanani tak hanya Kabupaten Belu tapi juga wilayah lain di sekitarnya.
Editor : Ratna Ayu


Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia