CDC SUPERVISI PEMERIKSAAN MAT LEPTOSPIROSIS DI BBTKLPP SURABAYA
215

Nongkojajar – BBTKLPP Surabaya mendapatkan kunjungan dari CDC bersama Subdit Zoonosis Direktorat P2PTVZ pada 20 April 2021. Kunjungan dalam rangka monitoring Kewaspadaan Dini dan Penanggulangan Zoonosis (Leptospirosis) di Probolinggo. Salah satu agenda tim melakukan supervisi pemeriksaan MAT Leptospirosis di Instalasi Laboratorium P2P Nogkojajar. BBTKLPP Surabaya memperoleh 20 spesies serovar Leptospirosis dari CDC Atlanta. Saat ini rutin dipelihara 17 spesies serovar Leptosprosis (85 %) di Laboratorium Mikrobiologi.  Serovar ini digunakan dalam pemeriksaan Leptospirosis metode MAT.  Tim CDC dan Subdit Zoonosis menilai dan menguatkan kapasitas laboratorium dalam memelihara kultur bakteri. Sebelumnya BBTKLPP Surabaya terlibat dalam on the job training leptospirosis di Kabupaten Probolinggo dan juga rutin memeriksa sampel Leptospirosis di beberapa daerah di Jawa Timur. Pada 2021 telah diperiksa sampel Leptospirosis dengan metode MAT dari kejadian luar biasa leptospirosis di Kabupaten Lumajang dan Malang.
Tim CDC, Subdit Zoonosis, dan BBTKLPP Surabaya juga mengunjungi Dinas kesehatan Kota Probolinggo dan Puskesmas pemeriksaan Leptospirosis.

Kontributor : Septi Wulandari
Editor : Ratna Ayu

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia