INVESTIGASI KEJADIAN KHUSUS BANJIR DAN TANAH LONGSOR DI KABUPATEN MALAKA
225

Malaka – Malaka, Provinsi NTT,  daerah tingkat dua di perbatasan Timor Leste, termasuk salah satu kabupaten yang terdampak bencana dan tanah longsor. Banjir pada 2 – 4 April 2021 menimpa 29 desa di enam kecamatan. Menyebabkan delapan korban jiwa dan 5468 jiwa memenuhi sembilan lokasi pengungsian. Untuk membuat gambaran kondisi bencana secara menyeluruh dan dapat memberikan intervensi kesehatan yang sesuai, pada 13 - 16 April 2021, BBTKLPP Surabaya melakukan investigasi kejadian khusus banjir dan tanah longsor bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka.
Tim tanggap darurat yang terdiri atas tim surveilans, sanitarian, dan laboratorium melakukan penilaian risiko penyakit dampak bencana, memeriksa bakteriologi dan parameter lapangan pada air sumur, pengamatan vektor, dan bimbingan teknis penilaian inspeksi kesehatan lingkungan pengungsian dan dan dapur umum. Tim juga melakukan advokasi pencegahan penyakit pasca bencana, seperti ISPA, diare, malaria dan leptospirosis. BBTKLPP Surabaya pada kesempatan yang sama menyerahkan bantuan logistic berupa hygiene kit, swab dacron, dan VTM Kit yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka.
Selanjutnya tetap dipantau perkembangan pasca bencana terutama penyakit yang berpotensi timbul seperti, malaria, diare dan kasus Leptospirosis di Kab. Malaka. BBTKLPP Surabaya menjaga komunikasi dan koordinasi dengan Dinkes Provinsi NTT dan BPBD Malaka. Serta menghimbau untuk tetap waspada terhadap munculnya penyakit pasca banjir, seperti Leptospirosis.
Kontributor : 1. Slamet Herawan
                    2. Precilla Dewi
                    3. Teguh S. Sinulingga
Editor           : Lestyawan Satotto

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.179.228
: Indonesia